Dark/Light Mode

Tokoh Dengan Sentimen Negatif Tertinggi

Anies Dipuji Tak Terbang, Dicaci Pantang Tumbang

Selasa, 26 Juli 2022 08:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Kampanye negatif dan fitnah yang bertebaran di jagat maya terbantah dengan sendirinya. “Soal kritik tak ada perubahandi DKI. Buktinya sudah banyak. Taman makin bagus, Sudirman tambah cantik, Jakarta International Stadium (JIS), gelaran internasional Formula E, dan banyak lagi,” sebut Syarief kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Soal tudingan Anies disokong kelompok ekstrimis radikal, juga tak terbukti. Kebijakan Anies di Jakarta sangat inklusif. Anies kerap datang ke berbagai acara lintas agama. Kepentingan semua agama diakomodir. ”Ini kan narasi yang terus dibangun pasukan buzzer di media sosial. Mas Anies meminta kami menanggapinya dengan bijaksana,” ujarnya.

Baca juga : Raih Dukungan Internal Tertinggi Untuk Nyapres, Gobel Ucapkan Terima Kasih

Relawan pendukung Anies, tutur Syarief, diminta tidak membalas cacian dan makian. Kata dia, Anies dipuji tidak terbang, dicaci tidak tumbang. “Bahkan kami GPMI mengapresiasi seluruh calon yang ada. Masing-masing punya prestasi dan kelebihan,” sebutnya.

Dia yakin, generasi milenial yang banyak bergelut dengan media sosial, tidak akan terpengaruh dengan sentimen negatif kepada Anies. Sebab mereka telah melek literasi dan dapat mengetahui apa yang sebenarnya, dan mana yang fitnah dan digerakkan buzzer. “Kita malah senang kampanye negatif gencar. Anies ini semakin dibusukkan, semakin nanjak,” tuturnya.

Baca juga : Mas Anies Disaranin Nunggu Dipinang Aja

Untuk diketahui, Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menyebukan, Gubernur DKI Anies Baswedan mendapat sentimen negatif paling tinggi di media sosial. Sebaliknya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendapat sentimen positif paling tinggi dari publik.

Sentimen negatif terhadap Anies mencapai 25,6 persen. Tokoh lain yang memperoleh sentimen negatif cukup signifikan yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 18,3 persen. “LSJ menilai sentimen negatif terhadap Anies dan Ganjar tergolong tinggi dikarenakan para pendukungnya saling serang opini di sosial media,” kata Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto, saat memaparkan rilisnya, Minggu (24/7).

Baca juga : Terdakwa Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang

Kemudian berturut-turut diikuti Ketua Umum Partai Demokrat AHY 7,9 persen dan Ketua DPR Puan Maharani 5,7 persen. Sedangkan sentimen negatif terhadap Prabowo 0,8 persen, Sandiaga 0,7 persen, Airlangga 1,7 persen, dan Ridwan Kamil 2,4 persen.

LSJ juga merekam, Anies Baswedan memiliki tingkat percakapan yang tinggi di media sosial. Percakapan terkait Anies sebesar 88.419. Di tempat kedua diikuti oleh Puan dengan 72 ribu percakapan, Ganjar 65 ribu percakapan dan Prabowo 62 ribu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.