Dark/Light Mode

Eks Dirut Operasional Ritel Bongkar Modus Penarikan Komisi Agen

Produk Langsung Askrindo Digeser Ke AMU

Selasa, 9 Agustus 2022 13:19 WIB
Foto: Bhayu Aji Prihartanto/Rakyat Merdeka.
Foto: Bhayu Aji Prihartanto/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Direktur Operasional Ritel PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Anton Fadjar Alogo Siregar menyebut banyak oknum di perusahaannya yang berusaha mendapatkan komisi agen secara tidak sah.

Anton menjelaskan, produk bisnis yang dijual secara langsung oleh PT Askrindo sering dipindahkan ke PT Askrindo Mitra Utama (PT AMU) untuk mendapatkan komisi agen.

“Apakah seluruh bisnis langsung Askrindo dipindahkan menjadi bisnis tidak langsung Askrindo untuk mendapat komisi yang dibayarkan Askrindo?” tanya tim Penasihat Hukum Anton, Zecky Alatas di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Baca juga : Eks Direktur Operasional Ritel Ungkap Upaya Pengamanan Perkara

Menjawab itu, Anton menyatakan tidak semua bisnis PT Askrindo dipindahkan ke PT AMU. Namun dia mengakui, ada oknum-oknum di Askrindo yang meng-AMU-kan bisnisnya.

“Salah satunya adalah Kalimantan Sumber Energi. Itu murni adalah bisnis yang dikelola PT Askrindo, tapi dipindahkan ke PT AMU untuk menarik komisinya,” jelas Anton saat diperiksa sebagai terdakwa.

Anton juga menjelaskan bahwa model-model seperti itu masih terjadi hingga sekarang. “Sifatnya transaksional dan biasanya terjadi di kredit-kredit assume dan komersial,” jelasnya.

Baca juga : Prabowo Pimpin Langsung Daftarkan Gerindra Ke KPU

Kemudian Anton mengatakan, dirinya tidak pernah memindahkan bisnis langsung PT Askrindo menjadi bisnis tidak langsung ke PT AMU.

Meskipun, dia mengakui, hal itu lazim dilakukan dalam dunia asuransi untuk menarik komisi agen. Seperti yang dilakukan terhadap produk Kredit Pembiayaan Rumah Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPRS FLPP).

“FLPP itu pertimbangan bisnis yang sudah saya mitigasi risikonya dan itu bukan inisiasi saya, tapi itu terbukti mendapatkan premi yang baik,” jelasnya.

Baca juga : Produk Lokal Ditempeli Stiker Merek Amerika

Anton juga menjelaskan bahwa produk KPRS FLPP dipindahkan dari PT Askrindo ke PT AMU atas inisiasi Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT AMU Firman Berahima dan Direktur Teknik PT Askrindo M. Saifei Zein.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.