Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buntut Kasus Pembunuhan Brigadir Yoshua

Kasihan Polisi Diteriaki Sambo

Senin, 22 Agustus 2022 06:30 WIB
Polisi yang melintas di jalan raya diteriaki Sambo. (Foto: Tangkapan layar akun twitter @kr1t1kp3d45_pro).
Polisi yang melintas di jalan raya diteriaki Sambo. (Foto: Tangkapan layar akun twitter @kr1t1kp3d45_pro).

RM.id  Rakyat Merdeka - Citra kepolisian benar-benar tercoreng. Persepsi masyarakat terhadap polisi seolah sama semua, seperti tersangka Irjen Pol Ferdy Sambo.

Hal itu terlihat pada sebuah video yang di upload mantan Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN), Alvin Lie di akun twitternya @alvinlie21. Cuitan Alvin Lie itu sudah di-retweet 3.438 kali dan disukai 8.530 orang dengan 468 ribu tampilan.

Dalam video berdurasi 15 detik itu, awalnya terlihat iring-iringan mobil polisi yang melintas di jalan raya. Kemudian, tiba­-tiba terdengar warga meneriaki dengan kata-kata “Ferdy Sambo, Sambo, Ferdy Sambo, Sambo.” Teriakannya kencang dan nyaring.

Dalam cuitannya, Alvin lie mengatakan, reaksi spontan publik ketika ketemu kendaraan Polri. “Teriak nama “Sambo”. Polri = Sambo,” tulis anggota Ombudsman RI periode 2016-2021.

Baca juga : Kemenkominfo Gelar Talkshow Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Sepaku

Alvin mengaku miris dengan kejadian tersebut. Dia juga mengaku tidak tahu dari mana video tersebut berasal. Dia mengaku menemukan video tersebut di grup WhatsApp.

“Pemilik hak atas video belum saya ketahui. Mohon hubungi saya agar dapat saya cantumkan namanya sebagai pemilik hak,” imbau Alvin.

Video tersebut pun lantas viral dan hingga kini telah wara wiri di media sosial. Banyak netizen yang mengaku cukup miris dengan fenomena ini. Gara-gara kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, citra institusi Polri rusak.

“Publik melihat apa adanya dan melihat Ferdy Sambo adalah wajah Polri yang sebenarnya,” kata @lukasomanalu.

Baca juga : Polri: Semua CCTV Kasus Penembakan Brigadir J Berhasil Ditemukan

Akun @LpbhnuM mengaku miris karena sudah demikian sinisnya warga kepada polisi. Dia meminta warga berdoa agar i’ktikad baik mewujudkan Polri presisi bisa secepatnya pulihkan citra kepolisian.

“Gara-gara ulah oknum-oknum yang numpangi institusi Polri, ibarat benalu,” katanya.

Senada, @Ulfahnyimas juga mengaku miris dengan terstigma kepolisian dengan Sambo. Kata dia, gegara nila setitik rusak susu sebelanga. Dia menilai, polisi saat ini sudah seperti tidak ada harga diri lagi.

“Padahal nggak semua polisi seperti Ferdy Sambo,” ujarnya.

Baca juga : Polri Tetapkan Putri Candrawathi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Akun @Rahmaniarbaftim mengatakan, teriakan masyarakat tersebut bersifat spontan dan merupakan suara hati. Kata dia, memang saatnya Polri membereskan semua polisi-polisi nakal di institusinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.