Dark/Light Mode

Cacar Monyet Nggak Menular Lewat Air Liur

Masyarakat Jangan Panik

Rabu, 24 Agustus 2022 07:55 WIB
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: AP/Martin Mejia)
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: AP/Martin Mejia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masuknya cacar monyet alias monkeypox ke Indonesia membuat sebagian masyarakat ketakutan. Banyak yang khawatir, penyakit itu akan menjadi pandemi seperti Covid-19.

Presiden Jokowi pun mengingatkan masyarakat tidak panik. Soalnya, monkeypox hanya bisa ditularkan lewat sentuhan langsung. Virus itu tidak menular lewat percikan air liur alias droplet, seperti Covid-19.

“Kita tidak perlu terlalu panik,” imbau Jokowi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, kemarin.

Yang terpenting, kata dia, Pemerintah sudah siap menghadapi monkeypox. Jokowi mengaku sudah mengeluarkan instruksi kepada jajarannya.

Baca juga : IKPI Ajak Masyarakat Sadar Pajak

Pertama, eks Wali Kota Solo ini telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengantisipasi penularan dengan mempersiapkan vaksin cacar monyet.

Kedua, Jokowi meminta pintu-pintu masuk ke Indonesia dari luar negeri diperketat. “Terutama untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi,” imbaunya.

Merujuk data World Health Organization (WHO) pada 10 Agustus 2022, terdapat 89 negara yang mencatatkan kasus cacar monyet.

Merespons instruksi Presiden, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Pemerintah sudah membeli vaksin cacar monyet. Vaksin itu kini sedang dalam perjalanan dikirimkan ke Indonesia.

Baca juga : Cacar Monyet Sudah Terdeteksi Di Tanah Air, Prof. Tjandra Ingatkan 7 Hal Ini

“Pemerintah juga telah menyiapkan obat-obatan berupa antivirus,” ungkapnya.

Menurut Budi, tidak semua warga akan diberi vaksin cacar monyet. Hanya yang imunitasnya rendah yang akan divaksinasi.

Vaksin cacar monyet pun berlaku sekali seumur hidup. Tak seperti vaksin Covid-19 yang disuntikkan setiap 6 bulan sekali.

“Ini karena segmennya diberikan ke yang mungkin lebih memiliki kans kena lebih besar, terutama yang imunitasnya rendah,” tutur Budi.

Baca juga : Cacar Monyet Terbukti Menular Ke Anjing, CDC Perbarui Pedoman Pencegahan

Jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga memastikan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memiliki lebih dari 1.000 laboratorium PCR yang tersebar di berbagai provinsi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.