Dark/Light Mode

Cacar Monyet Nggak Menular Lewat Air Liur

Masyarakat Jangan Panik

Rabu, 24 Agustus 2022 07:55 WIB
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: AP/Martin Mejia)
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: AP/Martin Mejia)

 Sebelumnya 
Sama seperti Presiden, eks Direktur Utama Bank Mandiri ini juga menyatakan, cacar monyet tidak mematikan selama infeksinya hanya berada di kulit dan tak menyebabkan infeksi sekunder atau secondary infection.

“Karena itu tadi, menularnya susah sekali. Ini jauh lebih susah dibandingkan Covid,” tutur Budi.

Pencegahan cacar monyet jauh lebih mudah dibandingkan dengan virus Corona.

Masyarakat dapat menghindari penularan dengan tidak melakukan kontak fisik ke penderita atau orang dengan gejala cacar monyet.

Baca juga : IKPI Ajak Masyarakat Sadar Pajak

“Hanya bisa menular secara fisik (kalau) sudah kelihatan bintik-bintik cacarnya dan cairannya,” terang eks Direktur Utama PT Inalum (Persero) itu.

Budi memperkirakan, cacar monyet yang teridentifikasi di Indonesia tidak akan menyebabkan pasien mengalami perburukan gejala hingga menyebabkan situasi fatal.

“Cacar monyet ada dua tipe, Afrika Barat sama Afrika Tengah, yang satu fatal yang satu tidak fatal. Dan biasanya yang banyak di Eropa dan yang di Indonesia itu bukan yang fatal,” bebernya.

Meski begitu, Budi belum bisa memastikan status atau kategori cacar monyet dari temuan seorang pasien di DKI Jakarta. Dia masih menunggu detail data dari tes Whole Genome Sequencing (WGS).

Baca juga : Cacar Monyet Sudah Terdeteksi Di Tanah Air, Prof. Tjandra Ingatkan 7 Hal Ini

Pasien itu sendiri saat ini berada dalam kondisi baik. Dia hanya mengalami gejala ringan.

Budi melanjutkan, berdasarkan data terkini, dari 39-40 ribu kasus konfirmasi cacar monyet di dunia, setidaknya 12 orang yang tercatat meninggal dunia pasca terinfeksi.

Dengan demikian, fatality rate atau tingkat kasus kematian cacar monyet sangat rendah, berkisar 0,04 hingga 0,05 persen.

“Penularannya itu terjadi pada saat sudah bergejala, berbeda dengan Covid-19,” jelas mantan Wakil Menteri BUMN ini.

Baca juga : Cacar Monyet Terbukti Menular Ke Anjing, CDC Perbarui Pedoman Pencegahan

Dia pun bergurau bahwa cacar monyet hanya akan membuat pasien terlihat jelek, lantaran gejala klinis cacar monyet menyebabkan muncul ruam dan bintik-bintik di kulit pasien. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.