Dark/Light Mode

Angie Dan Vanessa Dipenjara Meski Punya Bayi

Putri Kok Cuma Wajib Lapor

Jumat, 2 September 2022 06:50 WIB
Putri Candrawathi. (Foto: Istimewa).
Putri Candrawathi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Eva lalu membandingkan dengan sejumlah kasus yang tersangkanya perempuan dan memiliki anak kecil, tapi tetap dilakukan penahanan. “Karena PC tidak ditahan, kesan yang muncul adalah perlakuan diskriminatif. Tidak adil,” kata Eva, saat dikontak, kemarin.

Sementara itu, pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto ikut menyayangkan kenapa penyidik tidak menahan Putri. Kata dia, sikap Polisi ini menimbulkan banyak pertanyaan di tengah publik.

Ada kesan penyidik tidak menahan lantaran pengaruh FS masih kuat di internal polri. Menurut dia, agar asumsi publik tidak kemana-mana, ia menyarankan polisi menjawab pertanyaan publik ini.

Baca juga : Nobar Piala Dunia Meski Hanya Di Pos Ronda, Wajib Izin Dulu

Di tempat terpisah, Ketua Lembaga Perlindungan Anak, Seto Mulyadi atau yang akrab dikenal dengan Kak Seto meminta agar penyidik tidak menahan Putri. Alasannya, Putri memiliki seorang anak yang masih berusia 1,5 tahun. Kata dia, dalam usia yang masih rentan tersebut masih membutuhkan sosok ibu sebagai orang yang paling dekat dengannya.

“Kalau dilepaskan harus bertahap, jangan mendadak. Nanti akan terjadi keguncangan jiwa dan itu pelanggaran hak anak,” kata Kak Seto.

Karena itu, ia menyarankan dua opsi yang dapat diambil. Pertama, membawa bayinya ikut ke lapas bersama dengan ibunya. Kedua, menjadikan Putri sebagai tahanan rumah dengan pengawasan agar tak menghilangkan barang bukti. Lalu bertahap, pelan-pelan mulai dipisahkan. Kak Seto menegaskan sarannya ini merupakan tugas profesionalnya sebagai seorang psikolog.

Baca juga : Bolehkan Tarawih Di Metaverse, Ini Tanggapan Pakar Komunikasi Unair

Di jagat maya, sikap penyidik yang tak menahan Putri masih jadi sorotan. Salah satunya diungkapkan oleh artis Melanie Subono di akun Instagram miliknya. Di dalam keterangan postingannya, Melanie membandingkan kasus Putri dengan Vanessa Angel dan Angelina Sondakh. Vanessa ditahan kasus narkoba sementara Angelina ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Hambalang.

Melanie menceritakan nasib Vanessa yang ditahan padahal saat itu punya anak berusia empat bulan. Ia juga menceritakan kisah Angie, sapaan Angelina Sondakh yang ditahan meski punya anak usia tiga tahun.

“Mau contoh sih banyak lagi tapi takut ga muat di caption,” kata Melanie. Akun @indi1567 juga heran kenapa Putri tidak ditahan padahal dikenakan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana yang ancaman hukumannya ngeri, yaitu hukuman mati.

Baca juga : Sekjen Demokrat Kaltim Digarap Di Lapas, Ditanya Soal Penerimaan Uang Abdul Gafur

“Bukan maen negeri ini! Alasan kemanusiaan? Polri mempertaruhkan kepercayaan publik untuk seorang yang diduga pembunuh,” serunya. Akun @denTimboel berharap polisi bersikap adil. “Jangan pilih kasih. Semua yang ada di penjara punya tanggung jawab keluarga,” ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.