Dark/Light Mode

Mau Lulus Seleksi PPPK, Nih Caranya…

Senin, 19 September 2022 09:05 WIB
Seleksi PPPK. (Foto: Istimewa).
Seleksi PPPK. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @novantiesnajie mengungkapkan, usulan awal untuk PPPK tenaga teknis adalah 92 ribu orang. Namun, yang ditetapkan hanya 27.608 orang. Artinya, yang ditetapkan hanya 30 persen-nya saja.

“Kayaknya guru dan tenaga kesehatan auto diterima deh,” ujar @olisuslane47.

Baca juga : KPK: Diadukan Rakyat…

Akun @RudyCahyo66 meminta Pemerintah mempermudah penerimaan PPPK. Kata dia, prinsip dari ASN adalah seleksi yang ketat dan transparan, sedangkan prinsip dari PPPK adalah kebutuhan, penilaian dan pengangkatan, serta anggaran yang tersedia.

“Yang nggak ada saingannya ngapain pakai ditest dan seleksi juga. Bahkan peminatnya pun kurang. Banyak yang kosong,” timpal @hadippurnomo.

Baca juga : Lestari Ingin Mekanisme Seleksi Masuk PTN Lebih Transparan

Akun @LAN_RI menjelaskan, kehadiran PPPK sebagai bagian dari ASN adalah jawaban atas kebutuhan sumber daya manusia (SDM) aparatur negara. PPPK lahir sebagai jawaban dari kebutuhan Pemerintah yang mendesak akan SDM mumpuni dan profesional.

“Yang selama ini kompetensinya tidak banyak didapatkan pada ASN,” jelasnya.

Baca juga : 5 Orang Yang Tak Lolos Seleksi Capim KPK Jadi Calon Pengganti Lili Pintauli

Sementara, @UdaRich mengaku tidak tertarik dengan seleksi PPPK. Dia mengaku ingin resign dari profesi guru dan fokus menjadi peternak saja. Kata dia, tidak bakal kuat hidup dengan gaji honorer, sementara kebutuhan hidup terus naik.

“Iming-iming PPPK hanya ilusi,” katanya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.