Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Numpuk Di Pulau Jawa Saja

ASN Dan PPPK Kudu Siap Ditempatkan Di Daerah

Jumat, 14 Oktober 2022 06:35 WIB
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara atau PNS. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara atau PNS. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Aparatur Sipil Negara (ASN) seharusnya tidak menolak ditempatkan di mana saja di Tanah Air. Termasuk di daerah pelosok.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sedang menggodok aturan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang sudah ditempatkan di daerah terpencil, tidak mudah pindah ke kota.

Selama ini, banyak PNS dan PPPK yang sudah ditugaskan ke daerah terpencil, pindah ke kota maupun ke Pulau Jawa. Utamanya, ASN klasifikasi guru, bidan, hingga dokter. Akibatnya, sumber daya manusia (SDM) tidak merata di berbagai daerah.

Baca juga : Jadwal Padat: Messi, Mbappe Dan Neymar Kudu Siap Dicadangkan

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya sedang menggodok regulasi bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kata dia, untuk waktu tertentu ke depan, mereka yang telah mengikuti seleksi dan lolos ASN dan PPPK tidak boleh pindah ke kota dan ke Jawa.

“Pindahnya ASN dan PPPK dari desa ke kota maupun ke Pulau Jawa yang padat penduduk, membuat kekurangan SDM di wilayah terpencil sulit teratasi,” ujar Anas.

Padahal, kata Anas, Pemerintah selalu menetapkan formasi agar tenaga ahli merata di seluruh negeri dalam perekrutan ASN atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahunnya. Baik di Maluku, Papua dan Kalimantan.

Baca juga : Messi, Mbappe Dan Neymar Kudu Siap Dicadangkan

“Tapi setahun setelah itu, mereka pin­dah ke kota dan ke Jawa. Akhirnya ASN dan PPPK numpuk di Jawa,” ucapnya.

Netizen menyarankan Pemerintah hanya merekrut PNS dan PPPK yang mau sampai pensiun bekerja di daerah terpencil di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk pemerataan SDM di Indonesia.

“Setuju, ASN dan PPPK disebar di daerah-daerah terpencil di Indonesia agar kota dan Pulau Jawa tidak kelebihan SDM,” kata @Lubis_Jhonny.

Baca juga : Gerindra Dan PKB Kapan Nih Jadian?

Menurut @Anskan7, ASN harus siap ditempatkan di mana saja. Termasuk, untuk ditempatkan di luar Pulau Jawa untuk pemerataan SDM dan pelayanan publik.

“PNS harus sanggup ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, biar nggak kebiasaan manja dan tuman,” ucap @ pkt_wibisono.

Akun @Anshori_faiz mengatakan, persebaran ASN dan PPPK yang tidak merata cenderung menurunkan kualitas mereka yang selama ini bekerja di kota dan Pulau Jawa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.