Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketatkan Lagi Prokes

Subvarian XBB Gampang Nular

Rabu, 26 Oktober 2022 07:35 WIB
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril. (Foto: Antara)
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Subvarian varian anyar Covid-19, yakni XBB sudah merebak di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dalam segala aktivi­tas.

“Status kita masih pandemi, jadi masyarakat masih diimbau terapkan prokes mencegah penyebaran virus,” ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam diskusi virtual, kemarin.

Baca juga : IKPI Sebut Konsultan Pajak Di Indonesia Butuh Payung Hukum Kuat

Dia berharap, masyarakat tidak panik meski varian tu­runan dari Omicron tersebut makin menyebar. Penyebaran Covid-19 bisa dicegah dengan prokes 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

“Adanya varian XBB atau varian apapun, seluruh masyarakat tenang saja. Yang penting prokes dan vaksinasi,” tuturnya.

Baca juga : Dubes Vatikan Tahbiskan 19 Imam Baru Di Kupang

Syahril mengatakan, penye­baran XBB secara global sudah dapat dikatakan marak. Sebab, terdapat 26 negara yang sudah melaporkan adanya kasus ter­infeksi XBB.

“Negara tetangga seperti Singapura misalnya, jumlah kasus yang dilaporkan sudah hampir 8.000 kasus per hari,” ucap Syahril.

Baca juga : Golkar Jabar Mau Usung Orang Dalam

Meski terpantau memiliki tingkat penularan yang sangat cepat, Syahril mengatakan, kabar baiknya, varian XBB tidak lebih ganas dan tidak lebih berat dari varian Omicron. Kemudian, dari 26 negara belum ada yang melaporkan kematian akibat XBB.

Belajar dari dua tahun pan­demi, menurut dia, masyarakat seharusnya sudah bisa memahami jika ciri khas dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini, selalu berusaha hidup dengan melakukan mutasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.