Dark/Light Mode

NasDem Kukar: Dukung IKN Hukumnya Wajib!

Rabu, 26 Oktober 2022 21:18 WIB
Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kukar, Marwan. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kukar, Marwan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Kuutai Kartanegara (Kukar), Marwan menyatakan pihaknya mendukung penuh pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Bahkan bagi pihaknya, dukungan terhadap pembangunan IKN Nusantara yang saat ini sedang dikebut oleh Pemerintah Pusat bersifat syar'i atau wajib.

"Sebagai kader partai politik maupun Ketua Partai Nasdem Kab Kukar sudah menjadi kewajiban kami selaku anak bangsa Indonesia untuk mendukung pembangunan IKN," kata Marwan kepada wartawan, Rabu (26/10).

Ia menilai, pemindahan dan pembangunan IKN di Kalim memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia. "Arti pentingnya adalah karena memiliki nilai strategis nasional, makna yang terkandung didalamnya adalah nilai persatuan, nilai pemerataan pembangunan dan nilai keadilan sosial bagi masyarakat di luar Jawa," tuturnya.

Baca juga : Kasus Asabri, Benny Tjokro Dituntut Hukuman Mati

Marwan mengaku, seluruh kader partai pimpinan Surya Paloh itu telah diingatkan untuk senantiasa taat dan terus mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Seluruh jajaran kader-kader NasDem sudah di ingatkan, agar supaya taat dan terus mendukung serta ikut membantu kebijakan pemerintah Presiden Jokowi saat ini, khususnya dalam proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur," jelas Marwan.

Marwan memandang, kebijakan yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi itu merupakan suatu hal yang patut disyukuri. Sebab, kata dia kepindahan IKN tersebut memberikan kebanggaan baik bagi masyarakat Kaltim maupun Partai NasDem.

Untuk itu, Marwan berharap agar kepindahan dan pembangunan IKN yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN dapat dipercepat. Mengingat saat ini, struktur Badan Otorita IKN yang meliputi Ketua, Wakil Ketua, dan Deputi-deputi juga sudah terbentuk.

Baca juga : Berdikari Dukung Keamanan Pasokan Pangan Di Jabar

Ia pun meyakini, kepindahan IKN Nusantara akan berdampak positif bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Kalimantan Timur.

"Seluruh masyarakat Kukar, meskipun sebagai kawasan penyangga IKN, optimis bahwa kepindahan IKN akan memberikan dampak positif, menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera bagi masyarakat Kaltim khususnya, dan rakyat Indonesia umumnya," harapnya.

Terkait dengan deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) Partai NasDem, dia menekankan bahwa hal tersebut tak berpengaruh terhadap dukungan Partai NasDem terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, termasuk pembangunan IKN ini.

Karena kader NasDem punya komitmen dan loyalitas yang tinggi terhadap kebijakan pemerintah. Apa yang telah diucapkan pimpinan NasDem sama dengan apa yang harus diperbuat seluruh kader-kader di Indonesia.

Baca juga : Pakar Hukum Unpad Dukung Antam Ajukan PK

"Pemerintah Indonesia masih dipimpin Presiden Jokowi, maka loyalitas Partai NasDem dan dukungan Partai NasDem terhadap kebijakan pembangunan IKN tetap konsisten dan mendukung penuh segala kebijakan pemerintah Presiden Jokowi," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.