Dark/Light Mode

Wapres Ke Pj Gubernur Tiga DOB

Bikin Inovasi Dan Terobosan!

Kamis, 17 November 2022 07:50 WIB
Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin memberikan arahan pada kegiatan Piloting Magang Aparatur Sipil Negara (ASN) Papua, Rabu (16/11/2022). (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin memberikan arahan pada kegiatan Piloting Magang Aparatur Sipil Negara (ASN) Papua, Rabu (16/11/2022). (Foto: Setwapres)

 Sebelumnya 
“Saya meminta, inovasi pelayanan yang dipelajari dari setiap lokasi magang ASN Papua, harus dapat disebarkan dan juga dikembangkan di Papua secara kolaboratif. Jadi, selama magang ini, selain untuk sendiri juga ditularkan kepada teman-teman yang lain,” pungkasnya.

Terpisah, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meyakini, pemekaran provinsi akan mem­buat masyarakat Papua lebih sejahtera. Sebab, kata dia, adanya pusat pemerintahan baru bisa memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah.

Baca juga : BLT BBM Berperan Cegah Inflasi Dan Resesi

Selain itu, sambung dia, kepala daerah di masing-masing wilayah juga bisa semakin fokus pada perbaikan kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu, penyelesaian konflik maupun kesalahpahaman akan lebih mudah terselesaikan.

“Mudah-mudahan bisa lebih kondusif. Penanganan masalah juga bisa lebih mudah,” harap Halim.

Baca juga : Wapres Ajak Dubai Holding Tanam Investasi Di Pariwisata Hingga IKN

Diketahui, diketahui Kemendagri telah meresmikan tiga provinsi baru di Papua, yakni Papua Selatan dengan Ibu Kota di Merauke, Papua Tengah dengan Ibu Kota di Nabire, dan Papua Pegunungan dengan lokasi Ibu Kota di Jayawijaya.

Dasar penetapan tiga provinsi baru tersebut adalah Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan. ■SSL

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.