Dark/Light Mode

BRIN Prediksi Ada Badai Dahsyat

Ya Allah...Tolong Lindungi Negeri Ini

Rabu, 28 Desember 2022 08:00 WIB
Ilustrasi. (Foto: BBC Science).
Ilustrasi. (Foto: BBC Science).

 Sebelumnya 
Menanggapi prediksi itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tak tinggal diam. Ia memintap, erusahaan dan instansi pemerintahan yang ada di wilayah DKI Jakarta untuk menerapkan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah.

“Kalau memang misalnya ada prediksi akan ada badai dahsyat besok, maka kami mengharapkan perusahaan dan instansi pemerintah menerapkan kebijakan untuk WFH untuk meminimalisir dampak prediksi tersebut,” ungkap Heru saat menggelar jumpa pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, kemarin.

Baca juga : Begini Prediksi Pengamat Soal Kandidat Capres KIB

Kata dia, pihaknya terus menjalin kerja sama dengan BMKG dan juga BNPB untuk memberikan informasi dan pencegahan atas potensi bencana yang di prediksi di akhir tahun.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya bersama TNI AU dan BRIN telah mematangkan teknik modifikasi cuaca (TMC) dalam menghadapi potensi badai yang akan menerjang Jakarta. Setidaknya, ada dua pola penanganan untuk TMC yang bakal diterapkan.

Baca juga : Ketua Adat Kutai Lama Yakin IKN Nusantara Lindungi Cagar Budaya

Pertama, kata dia, dengan jumping process atau memprematurkan awan hujan. Kedua, dengan pola kompetisi, yakni membakar bahan semaian garam dengan mengganggu pertumbuhan awan, dengan cara menambah inti kondensasi.

Di jagat Twitter, prediksi datangnya badai besar itu bikin heboh warganet. Macam-macam komentarnya. Akun @rmadle menilai, isilah badai ekstrem untuk Jakarta terlalu berlebihan.

Baca juga : Brad Pitt Cekik Anak Yang Lindungi Jolie

“Lebih tepatnya cuaca ekstrem seperti hujan sangat lebat, angin kencang dan sebagainya,” kicaunya. Sementara akun @sandyyakala berdoa semoga tak terjadi bencana. “Semoga kita semua dalam lindungan Allah,” harapnya. Akun @vanyilate mengajak followernya berdoa agar badai tak menelan korban jiwa.

“Bantu doa gaiss. Semoga engga badai. Aamiin,” ucapnya. Akun @svecoz ikutan khawatir dengan prediksi itu. Soalnya cuaca Jakarta kemarin benar-benar lembab. “Ini seperti definisi tenang sebelum badai, langit cerah berawan dikit, banyak angin, suhu lembab,” paparnya. “Semoga besok baik baik aja,” harapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.