Dark/Light Mode

Pejabat Bea Cukai Diperiksa Kekayaannya

Datang Kedinginan, Pulang “Kegerahan”

Rabu, 8 Maret 2023 07:30 WIB
Mantan Pejabat Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto, usai menjalani pemeriksaan dan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Mantan Pejabat Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto, usai menjalani pemeriksaan dan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Kepala Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk menjalani pemeriksaan mengenai asal usul kekayaannya.

Suasana masih pagi saat Eko datang ke Gedung Merah Putih KPK. Persisnya pukul 07.42 WIB. Padahal jadwal pemeriksaannya baru dimulai pukul 09.00 WIB.

Eko tampil klimis dan trendy. Mengenakan kemeja putih dibalut jaket bomber biru tua dan celana panjang abu-abu. Sepa­tunya hitam mengkilap. Sama seperti rambutnya.

Jaketnya diresleting sampai ke leher. Udara pagi ditambah semburan kencang dari AC gedung bisa membuat tubuh kedinginan

Baca juga : Plt. Bupati Timika Ajukan Judicial Review Tentang Kewenangan Kejaksaan

Dikawal dua orang laki-laki berbadan besar dan menenteng tas jinjing, Eko berjalan santai memasuki lobi KPK. Petugas keamanan sempat menggeledah badannya dengan metal detektor.

Ketika ditanya awak media, Eko menolak komentar panjang. “Nanti saja,” katanya sambil melambaikan tangannya ke kamera.

Informasi yang diperoleh, istri Eko, Ari Murniyanti juga ikut diperiksa. Ia datang lebih dulu. Mengenakan berkerudung hitam dengan baju biru dongker.

Ari Murniati terlihat sudah berdiri di meja tamu, ketika Eko memasuki lobi. Perempuan yang mengenakan masker putih itu terlihat melempar pandang ke arah Eko ketika berjalan masuk.

Baca juga : Jokowi Kecewa Berat

Istri Eko didampingi perem­puan berjaket hitam dengan tas di lengannya. Keduanya mengisi buku tamu dan mengkonfirmasi kehadirannya. Mereka lalu di­beri kalung tamu KPK.

Begitu Ari Murniyanti sele­sai mengisi buku tamu, giliran Eko dan kedua pengawalnya maju. Eko pun mendapat tanda pengenal dari KPK dan menga­lungkannya di leher.

Ia pun berjalan ke arah bangku tamu yang ada di sebelah kiri pintu masuk KPK. Namun, Eko tidak duduk di sebelah istrinya. Dia memilih duduk di kursi belakangnya.

Saat sedang duduk di ruang tunggu, Eko dan istrinya tampak menjaga jarak. Keduanya juga tak terlihat saling berkomuni­kasi.

Baca juga : Jokowi Warning Pejabat Jangan Suka Pamer Kekayaan Di Medsos

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menjelaskan alasam istri Eko ikut diperiksa. Eko turut mencantumkan nama Ari ke dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Neg­ara (LHKPN).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.