Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sendirian Hadapi Gempuran Komisi III DPR

Syuriah PBNU Serukan Nahdliyin Kirim Doa Fatihah Untuk Mahfud

Kamis, 30 Maret 2023 22:06 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Istimewa)
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah kiai di jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) satu persatu membela Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Ketua Komite Nasional Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (KNK-PP-TPPU) ini didoakan kuat lahir batin membongkar dugaan transaksi janggal senilai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Setelah Ketua PBNU, KH. Ahmad Fahrurrozi (Gus Fahrur) mendukung upaya Mahfud membongkar dan mendobrak modus-modus korupsi, kini Wakil Rais Aam PBNU KH. Anwar Iskandar mengajak nahdliyin memberikan dukungan moral dan doa kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

"Prof. Mahfud itu kader NU yang berada di pemerintahan. Beliau sedang bersih-bersih kasus korupsi, penyakit akut di negeri ini. Saya mengajak kepada seluruh nahdliyin untuk membantu doa, viralkan Fatihah agar beliau diberikan kekuatan demi kemaslahatan kita bersama, kemaslahatan rakyat Indonesia," tulis Kiai Anwar Iskandar kepada wartawan, Kamis (30/3).

Baca juga : Sedihnya, Korban Gempa Suriah Kesulitan Dapat Bantuan

Menurut Gus War, panggilan karibnya, usai menyaksikan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota Komisi III DPR RI, Mahfud tampak sendirian. Padahal, yang Mahfud perjuangkan itu, kepentingan rakyat banyak.

Karena itu, perlu ada dukungan dari warga NU, untuk mendoakan Mahfud agar diberi kekuatan oleh Allah. Baik secara lahir, mau pun bathin.

"Selain perjuangan dhohir, perlu ada perjuangan batin," tegas Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri ini.

Sebelumnya, Ketua PBNU Bidang Keagamaan KH. Ahmad Fahrurrozi, mengapresiasi keberanian Mahfud yang telah melakukan gebrakan dahsyat dalam upaya pemberantasan korupsi.

Baca juga : Buktikan Kemesraan, Komisi I DPR Minta Panglima Dan KSAD Jalan Bareng

PBNU, kata Gus Fahrur, turut mendukung dobrakan Mahfud dalam membantu kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terutama dalam memberantas korupsi dan pencucian uang di Indonesia.

"Teruskan Pak Mahfud bekerja membantu KPK memberantas korupsi dan pencucian uang yang terjadi di seluruh lembaga dan kementerian," dukungnya.

Pelemahan terhadap gebrakan sebelumnya dilancarkan lewat bermacam cara. Ada yang sibuk menuding Mahfud tengah berpolitik, mencari simpati dan panggung menjelang Pilpres 2024. Ada pula yang memberikan warning saat RDP. Agar Mahfud tidak terkena reshuffle kabinet.

Akademisi Rocky Gerung menilai, sejak awal ada upaya untuk mengeroyok Mahfud.

Baca juga : Kapolri Beberkan Kronologi Kasus Pembunuhan Brigadir J Dan Upaya Rekayasa Sambo

"Pertama secara moral, Pak Mahfud lebih tinggi. Karena DPR mempersoalkan sesuatu yang berpotensi delik. Masyarakat Indonesia, bahkan netizen, 300 persen mendukung Pak Mahfud," jelas Rocky yang mendeklerasikan diri sebagai ‘Sahabat Mahfud’ dalam channel youtubenya bersama Hersubeno Arief, Kamis (30/3). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.