Dark/Light Mode

Disertasi Seks di Luar Nikah Tak Melanggar Syariat Islam

Doktor UIN Yogya Mendunia

Sabtu, 31 Agustus 2019 07:28 WIB
Ilustrasi pernikahan. (Foto: Reuters).
Ilustrasi pernikahan. (Foto: Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Disertasi Abdul Aziz, mahasiswa program doktoral Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, menggemparkan dunia.

Dalam disertasinya, dia menyebutkan hubungan seks di luar pernikahan tidak melanggar syariat Islam. Mendengar hal ini, publik pun heboh. Tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dunia.

Warganet ikut-ikutan heboh. Abdul Aziz merupakan dosen Fakultas Syariah UIN Surakarta. Dia mengambil S3 di Pascasarjana UIN Yogyakarta.

Baca juga : Paham Karakter Sirkuit, The Doctor Yakin Menang

Disertasi yang di tulisnya berujul “Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai keabsahan hubungan Seksual Non-Marital”.

Disertasi itu diujikan dalam sidang terbuka, Rabu lalu. Sidangnya berlangsung selama 1,5 jam. Abdul Aziz berhasil mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Dalam abstraksinya, dia berkesimpulan bahwa konsep milk Al-Yamin (kepemilikan penuh) Muhammad Syahrur itu merupakan sebuah teori baru yang bisa dijadikan sebagai justifikasi terhadap keabsahan hubungan seksual non marital.

Baca juga : Menyorot Media Islam Lokal Indonesia

“Dengan teori ini, maka hubungan seksual non marital adalah sah menurut syariat sebagaimana sah nya hubungan seksual marital,” tulis Abdul Azis.

Menurutnya, konsep ini menawarkan akses hubungan seksual lebih luas dibanding konsep milkalyamin tradisionalis. Karena dalam konsep tersebut seks di luar nikah dalam batasan tertentu tak melanggar syariat.

Ia juga menyebut, ulama besar seperti Imam Syafii dan Imam Tabari memahami milk Al Yamin sebagai hubungan seksual nonmarital dengan budak perempuan melalui akad milik. Abdul juga menyebut 15 ayat Al-Quran ubah jadi "Problematika Konsep Milk Al Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual non Marital’,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.