Dark/Light Mode

Belanda Akui Indonesia Merdeka 17-8-1945

Selama Ini Ke Mana Saja, Meneer!!!

Jumat, 16 Juni 2023 08:00 WIB
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. (Foto: BEELD ANP)
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. (Foto: BEELD ANP)

 Sebelumnya 
Namun, untuk menindaklanjutinya, Jokowi akan berkonsultasi dulu pengakuan dari Belanda itu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. “Nanti kita lihat. Saya akan minta masukan dulu ke Menlu. Karena itu impact-nya ke mana-mana,” imbuhnya.

Kementerian Luar Negeri melalui juru bicarany Teuku Faizasyah belum bisa mengomentari pernyataan Rutte dan impact yang dimaksud Presiden.

“Belum ada yang dapat direspon terkait debat di parlemen Belanda tersebut,” ungkapnya, saat dikonfirmasi, tadi malam.

Baca juga : Setelah 78 Tahun, Belanda Akhirnya Akui Indonesia Merdeka 17 Agustus 45

Lantas, kapan Jokowi dan Retno akan membahas hal ini? Kata Faizasyah, bosnya baru tiba tadi malam dari kunjungan bilateral ke Denmark. Sehingga, belum mengetahui agenda tersebut. “Saya tidak ada informasi,” akunya.

Sejarawan Indonesia Bonnie Triyana menilai, pengakuan Rutte membuka lembaran baru pemahaman sejarah Belanda terhadap revolusi kemerdekaan Indonesia. Namun, ada sejumlah catatan yang perlu di garis bawahi.

Menurut Bonnie, pengakuan Belanda terhadap kemerdekaan Indonesia menjadi momentum penting bagi kedua bangsa untuk belajar dari sejarah kelam kolonialisme. Praktik perbudakan, penindasan, diskriminasi, rasialisme, dan kekerasan oleh negara terhadap warganya dan kekerasan horizontal antarwarga harus segera diakhiri.

Baca juga : 2 Ganda Putra Indonesia Melaju Ke Seminal BNI MedcoEnergi M25K Seri V

Pengakuan kemerdekaan tersebut juga akan berdampak pada eratnya kerja sama Indonesia-Belanda. Hal itu bisa terjadi karena hubungan kedua negara harus berdasarkan prinsip-prinsip kepercayaan (trust) dan kesetaraan (equality).

Bonnie mencontohkan bentuk konkretnya. Misalnya, pemberian visa on arrival kepada warga Indonesia yang hendak berkunjung ke Belanda. Karena selama ini pemberian fasilitas tersebut sudah disediakan bagi warga Belanda saat berkunjung ke Indonesia untuk kunjungan singkat.

“Tak hanya itu. Kerja sama lain yang bisa menjadi wujud hubungan baik kedua negara adalah dalam bidang pendidikan, pertanian, atau sektor penting lainnya,” jelas Bonnie.

Baca juga : Digenjot Sepekan, Fisik Dan Stamina Skuad Persita Makin Meningkat

Di dunia maya, pengakuan Belanda kepada Indonesia setelah 78 tahun merdeka menjadi buah bibir. “Kemana aja lu,” cuit @SaefulH37014939. “Lah. Londo dari dulu sampai sekarang tambeng,” sahut @nadhifulmustofa. “Selama ini gak mengakui HUT RI, kacau?” sambar Drajattangsel.

“Wow, 78 tahun terlambatnya pengakuan. Apa nanti Belanda juga akan mengakui kalo stroopwafel itu berasal dari Indonesia?” tanya @LmaoGPT. “Kalau begitu, ganti rugi perang yang sudah dibayarkan Indonesia mohon dikembalikan lagi,” ujar @panggil_adi. “Kembalikan juga kekayaan alam Indonesia yang dijajah yang diangkut ke Belanda,” timpal @medsoskuy. “Sekarang bayar balik hasil rampasan VOC,” sahut @IMED31837022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.