Dark/Light Mode

Penyidikan Kasus Impor Emas

Pejabat Bea Cukai Soetta Bolak-balik Diperiksa...

Jumat, 21 Juli 2023 07:30 WIB
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung. (Foto: Antara)
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Ya berhubungan tugas saksi ini dengan saksi Kabid Penyidikan dan Penindakan,” ujar Sumedana.

Hubungan atau korelasi tugas keduanya adalah bagaimana tindak lanjut hasil analisis Seksi Dukungan Operasi Intelijen dikembangkan ke tahap peninda­kan dan penyidikan. Khususnya terkait masalah importasi emas.

Sumedana tak bersedia me­rinci jenis rekomendasi Seksi Dukungan Operasi Intelijen yang dikembangkan oleh Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandara Soetta.

Baca juga : KPK Bakal Periksa Harta Sejumlah Pejabat Bea Cukai

Sumedana melanjutkan, keterangan saksi ABM (Manajer Keuangan PT Nusa Halmahera Minerals) dan AA (Pelaksana pada Seksi Bidang Multilateral Ditjen Bea dan Cukai) juga dikonfrontir kepada Budi.

Pada pengusutan kasus ini, Kejagung telah menggeledah sejumlah lokasi. Yakni kantor PT Aneka Tambang (Antam), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai, Kantor Bea Cukai Bandara Soeharto Hatta, serta sejum­lah kantor perusahaan swasta.

Lokasi penggeledahan di Pulogadung Jakarta Timur, Pondok Gede Bekasi, Cinere Depok, Pondok Aren Tangerang Selatan hingga Surabaya. Dua lokasi di Surabaya yang digeledah adalah kantor PT UBS di Tambaksari dan PT IGS di Genteng Kali.

Baca juga : Geledah Kantor Importir, Penyidik KPK Dihalangi

“Dari hasil penggeledahan, diperoleh dan disita beberapa dokumen penting serta barang bukti elektronik yang diduga berkaitan dengan perkara,” ungkap Sumedana.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Kuntadi mengutarakan, dugaan korupsi impor komoditas emas diduga terjadi akibat adanya tindakan yang tidak sebagaima­na mestinya.

Pada 10 Mei 2023, kasus ini dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan. Dasarnya Surat Perintah Penyidikan Nomor: Prin-14/F.2/Fd.2/05/2023 yang diteken Kuntadi.

Baca juga : KPK Segera Tahan Eks Kepala Bea Cukai Makassar

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 21/7/2023 dengan judul Penyidikan Kasus Impor Emas, Pejabat Bea Cukai Soetta Bolak-balik Diperiksa...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.