Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Terbukti Korupsi, Johnny G Plate Divonis 15 Tahun Penjara

Rabu, 8 November 2023 16:03 WIB
Johnny G Plate (Foto: Kejagung)
Johnny G Plate (Foto: Kejagung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menjatuhkan vonis 15 tahun penjara plus denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan terhadap antan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Majelis Hakim menilai, Politikus Partai NasDem terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station atau BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

"Mengadili menyatakan terdakwa Johnny Gerard Plate telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan primer Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP," ujar Hakim Fahzal Hendri dalam sidang pembacaan putusan, di Pengadilan Tipikor pada PN Jakpus, Rabu (8/11/2023).

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Johnny Gerard Plate dengan pidana penjara selama 15 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan," imbuhnya.

Baca juga : Kasus Korupsi BTS 4G, Jaksa Tuntut Bos Moratelindo 15 Tahun Bui

Selain pidana pokok, hakim juga menjatuhkan pidana berupa kewajiban uang pengganti terhadap Johnny G. Plate sebesar Rp 15.500.000.000.

Jika uang pengganti tersebut tak dibayar setelah satu bulan vonis berkekuatan hukum tetap maka harta bendanya akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti.

Jika hartanya tak mencukupi, maka Johnny G Plate dipidana selama 2 tahun.

"Membebankan terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp 15,5 miliar subsider 2 tahun," kata hakim.

Baca juga : Korupsi BTS, Eks Menkominfo Johnny G Plate Dituntut 15 Tahun Penjara

Hal memberatkan, Johnny G. Plate dinilai tidak membantu program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Dia juga tidak mengakui kesalahannya dan merasa tidak bersalah. Johnny juga terbukti meminta uang kepada terdakwa Anang Achmad Latif selaku dirut Bakti Kominfo.

Sementara hal yang meringankan, Johnny G. Plate dianggap sopan dalam persidangan, merupakan kepala rumah tangga, dan uang yang diterima sebagaimana pengakuannya, untuk bantuan sosial.

Vonis ini sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada Kejaksaan Agung. Bedanya, ada di jumlah uang pengganti.

Baca juga : Lukas Enembe Divonis 8 Tahun Penjara Dan Bayar Uang Pengganti Rp 19,6 Miliar

JPU menuntut Johnny G. Plate membayar uang pengganti sebesar Rp 17,8 miliar subsider selama 7 tahun dan 6 bulan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.