Dark/Light Mode

Suhartoyo Sebut Sudah Lakukan Berbagai Upaya Pulihkan Kepercayaan Publik Ke MK

Jumat, 8 Maret 2024 19:10 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Andalas (UNAND), Padang, Sumatra Barat, pada Jumat (8/3).
Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Andalas (UNAND), Padang, Sumatra Barat, pada Jumat (8/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap lembaga yang dipimpinnya.

Hal itu disampaikan Suhartoyo saat menjadi narasumber Kuliah Umum bertema "Menuju Indonesia Emas 2045: Membangun Generasi Muda yang Berkompeten, Berintegritas, dan Berwawasan Kebangsaan: Perspektif Mahkamah Konstitusi".di Universitas Andalas (UNAND), Padang, pada Jumat (8/3).

Baca juga : Haedar Sebut DNA Moderat Jadi Daya Tahan Indonesia Hadapi Gejolak Politik Pemilu

"MK sedang menjadi bagian dari sorotan publik," akunya dilansir laman MKRI.id.

Dalam kesempatan itu, Suhartoyo meminta bantuan 1.200 wisudawan-wisudawati yang hadir untuk membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar kepercayaan publik kepada MK bisa pulih kembali.

Baca juga : Kepala Daerah Harus Rajin Cek Ke Lapangan

"Kami sebagai pimpinan di MK berpesan bahwa MK sudah melakukan berbagai upaya dalam menyelesaikan masalah yang menurunkan kepercayaan publik," lanjutnya.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah dengan membentuk Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) sebagai instrumen pengawasan. Selain itu, MK juga membuka diri untuk diawasi oleh lembaga lain, dan para stakeholder.

Baca juga : Caleg Banteng Ketar-ketir Tak Dilantik Mega

"Kami tidak segan meminta kementerian dan lembaga serta media mengontrol MK dalam melakukan pembenahan agar kepercayaan publik kembali bisa diraih. MK kini berbeda dengan MK sebelumnya," papar Suhartoyo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.