Dark/Light Mode

Antisipasi Krisis Pangan, Erwin Aksa Dorong Pembangunan Pertanian Modern

Selasa, 9 April 2024 08:10 WIB
Erwin Aksa. (Foto: Ist)
Erwin Aksa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Krisis pangan telah menjadi isu yang semakin mendesak di era modern ini. Stabilitas pangan di Indonesia pada 2024, diproyeksikan masih akan menghadapi tantangan besar karena adanya penurunan produktivitas, peningkatan biaya, dan kenaikan harga pangan dunia.

Namun, pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dengan merancang berbagai kebijakan dan strategi pada 2024. Upaya ini dilakukan dalam rangka menghadapi berbagai tantangan, menjaga stabilitas pasokan, dan meningkatkan produksi secara kelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Calon Anggota DPR dari Partai Golkar Erwin Aksa dalam keterangannya, Selasa (9/4/2024)

Pertama, kata Erwin, pemerintah harus meningkatkan cadangan pangan dan membangunan industri pertanian modern. Sebagai negara agrarian, Indonesia memiliki target untuk menjadi pemasok pangan dunia terbesar di masa depan. Namun, jika hanya mengandalkan sumber daya yang dimiliki tanpa diiringi inovasi teknologi, dapat dipastikan agroindustri tidak bisa bekerja maksimal.

Baca juga : Antisipasi Kemacetan, One Way Arus Mudik Tol Trans Jawa Diperpanjang

“Satu langkah penting yang harus diambil oleh pemerintah baru adalah meningkatkan cadangan pangan dalam negeri,” ujar Erwin.

Menurutnya, dengan cadangan pangan yang cukup akan membantu mengatasi ketidakpastian pasokan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan di pasaran dalam situasi krisis. Dengan mengamankan cadangan pangan yang memadai, pemerintah dapat memberikan perlindungan yang lebih besar bagi keamanan pangan penduduk.

Pemerintah baru perlu fokus pada pembangunan industri pertanian yang modern dan efisien. Investasi dalam infrastruktur pertanian yang terintegrasi dan teknologi pertanian yang canggih dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam produksi pangan.

Pendekatan ini akan membantu memperkuat rantai pasok pangan dan meningkatkan kemandirian pangan negara. Maka, diharapkan kebijakan pembangunan ketahanan pangan tahun 2024 ini dapat membentuk dasar yang kokoh untuk meraih ketahanan pangan yang perkelanjutan dan menyeluruh di Indonesia.

Baca juga : Dubes Kanada Prihatin Situasi Di Gaza, Dorong Gencatan Senjata

Kedua, kata dia, dengan memanfaatan teknologi maju dalam pertanian. Dengan adanya perang yang melanda sebagian negara di dunia berakibat lantai pasok bahan pangan menjadi tergunggu. Teknologi dan inovasi terkait penyediaan dan kebahanan pangan mempunyai peran penting untuk mengatasi krisis pangan tersebut.

“Ketahanan pangan harus menggunakan teknologi,” kata Erwin. “Teknologi sudah banyak dikembangkan di seluruh dunia, kita harus terbuka dengan teknologi yang sudah maju,” tambah Erwin.

Penerapan teknologi maju dalam sektor pertanian juga menjadi kunci dalam mengatasi krisis pangan. Pemerintah dapat merangsang inovasi dan penelitian dalam bidang pertanian melalui investasi dalam pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan hasil panen, memperbaiki kualitas tanaman, dan meningkatkan efisiensi sumber daya alam. Teknologi seperti pertanian vertikal, irigasi modern, dan analitika data dapat menjadi solusi yang inovatif dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain itu, Pemerintah harus memberikan dukungan dalam mendorong praktik pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penggunaan metode pertanian organik, pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana, dan diversifikasi tanaman dapat membantu mengurangi dampak negatif pertanian terhadap lingkungan, sambil meningkatkan ketahanan pangan jangka panjang.

Baca juga : Prihatin Situasi Gaza, Dubes Kanada Dorong Gencatan Senjata

Dengan filosofi kebijakan progresif dan langkah-langkah strategis seperti peningkatan cadangan pangan, pembangunan industri pertanian modern, penerapan teknologi maju, dan praktik pertanian berkelanjutan, pemerintah baru diharapkan dapat memberikan solusi yang bermakna dalam mengatasi krisis pangan dan memastikan ketahanan pangan yang berkelanjutan bagi masyarakat. Penegakan kebijakan yang konsekuen dan berkelanjutan akan menjadi kunci keberhasilan Indonesia dalam menghadapi tantangan kompleks ini di masa depan.

“Meski penuh tantangan komtimen pemerintah menjaga stabilitas pangan harus didukung. Kita harus mencari cara agar cadangan pangan di masyarakat betul-betul dalam kondisi aman,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.