Dark/Light Mode

Agustusan Di IKN Masih On Schedule

Kamis, 6 Juni 2024 08:20 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). (Foto: Biro Pers)
Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hampir rampung. Begitu juga lapangan di depan Istana, sudah hijau dan cantik. Maka, rencana Agustusan di IKN nanti, masih on schedule dan tidak ada perubahan.

Rabu (5/6/2024), Presiden Jokowi mengecek langsung progres pembangunan IKN. Termasuk pembangunan Istana Kepresidenan dan lapangan yang akan dijadikan lokasi upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, 17 Agustus mendatang.

“Kira-kira pertengahan Juli sudah siap dan akan mulai untuk persiapan upacara 17 Agustus,” kata Jokowi, di lokasi IKN.

Baca juga : Para Menteri Rame-rame Minta Tambahan Anggaran

Presiden juga memastikan, lokasi yang akan dipakai untuk upacara peringatan HUT RI ke-79 juga sudah on the track.

“Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urut upacara, semuanya sudah tidak ada masalah,” jelasnya.

Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk berkantor di IKN Nusantara, Juli ini. Sekarang, mantan Wali Kota Solo itu bilang tinggal menunggu ketersediaan air saja.

Baca juga : Amerika Siap Berinvestasi Untuk Green Data Center

“Kemarin kita sudah resmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air, kemudian dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN,” paparnya.

Di kesempatan sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono menjelaskan, Bendungan Sepaku Semoi siap memasok kebutuhan air baku untuk IKN Nusantara.

“Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik,” rinci Basuki.

Baca juga : Jokowi: Syaratnya Ketat

Selain itu, lanjut dia, jalan tol akses IKN dapat fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di Nusantara. Sebab, jalan tol IKN Nusantara ini akan menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Jalan Tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM (kilometer) 8 - Kariangau. Nantinya tidak perlu lagi melewati Tol Balsam hingga KM 33.

“Lalu menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.