Dark/Light Mode

Agustusan Di IKN Masih On Schedule

Kamis, 6 Juni 2024 08:20 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). (Foto: Biro Pers)
Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Kurator IKN Ridwan Kamil yakin dalam dua bulan ke depan, KIPP IKN akan persis seperti Jakarta. Karenanya, Ridwan Kamil optimis KIPP IKN akan siap dipakai untuk upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI. Terlebih, progres pembangunan sudah masuk 80 persen.

“Bangunan itu belum dikacain. Jadi, per hari ini Anda masih melihat kayak struktur saja. Nanti Anda datang dua bulan udah kayak Jakarta saja, tapi bedanya di sini hutan,” sebut pria yang akrab disapa Emil itu.

Kendati demikian, Emil mengakui tetap ada perbedaan antara IKN Nusantara dengan Jakarta. Utamanya perihal pemandangan. Di mana, ibu kota negara baru dibangun dengan konsep hijau. Kawasan hutan akan mendominasi. Pepohonan akan menjadi daya tarik utama di ibu kota baru itu.

Baca juga : Para Menteri Rame-rame Minta Tambahan Anggaran

“Kita tak memindahkan wajah Jakarta ke IKN, tapi kalau di sini itu wajahnya hutan, di balik hutan itu ada bangunan. Kalau Sudirman-Thamrin kan bangunannya yang berebut atensi,” papar eks Gubernur Jawa Barat itu.

Terpisah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memastikan bakal mempersiapkan bus listrik untuk mendukung upacara HUT RI ke-79 di IKN. Menyoal jumlah bus listrik yang dikerahkan, Kemenhub akan menyesuaikan jumlah peserta upacara 17 Agustus di IKN.

“Sudah disiapkan, sedang dibicarakan dengan pihak otoritas. Nanti berapa unit dan sebagainya akan kita sesuaikan juga dengan berapa orang yang nanti akan datang,” jelas Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati.

Baca juga : Amerika Siap Berinvestasi Untuk Green Data Center

Adita menambahkan, pihaknya pasti akan menggandeng vendor untuk menyediakan ratusan bus listrik tersebut. Dua nama penyedia bus listrik yang sudah dikantongi Kemenhub adalah Damri dan Bluebird.

Di dunia maya, warganet mengaku tak sabar menyaksikan upacara bendera di IKN, Agustus nanti. “Pemerintah Indonesia siap menyelenggarakan Upacara HUT RI di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru! Ini adalah momen bersejarah yang menunjukkan komitmen terhadap pembangunan dan kemajuan bangsa,” tulis @ZikriSoheh sembari menyertakan hastag #iknnusantara.

“Kebayang akan epik sih acara 17-an nanti di IKN,” timpal @praburevolusi dengan emoji menyala.

Baca juga : Jokowi: Syaratnya Ketat

Akun @endanghidayat bahkan meminta Presiden Jokowi segera melakukan simulasi upacara bendera di IKN.

“Ayo Pak gladi resik upacara HUT RI di IKN sekarang. Harus sekarang, Pak. Makin banyak yang hadir makin sukses,” usulnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 6 Juni 2024 dengan judul Agustusan Di IKN Masih On Schedule

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.