Dark/Light Mode

MAKI Lapor Ke Komisi Kejaksaan

Jaksa Istri Pamen Polisi Diduga Pernah Bertemu Djoko Tjandra

Sabtu, 25 Juli 2020 05:05 WIB
Djoko Tjandra
Djoko Tjandra

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Jaksa P ke Komisi Kejaksaan. Jaksa tersebut diduga pernah bertemu buronan Djoko Soegiarto Tjandra.

“Bertemu dengan buron saja sudah salah. Kedua, tidak lapor atasan,” kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman usai membuat laporan di Komisi Kejaksaan. 

Dalam laporannya, Boyamin melampirkan bukti foto pertemuan itu. Namun wajah-wajah orang di foto itu dibuat buram.

Baca juga : Fakta, Banteng Sulit Koalisi dengan PKS dan Demokrat

Boyamin sudah memastikan salah satu orang di foto itu adalah Jaksa P.  Ia duduk di samping orang yang diduga penasihat hukum Djoko Tjandra. Adapun Djoko Tjandra berdiri di belakang mereka. 

Boyamin mengatakan sudah meminta ahli memeriksa foto itu. Kesimpulannya, bukan hasil rekayasa. 

“Saya juga tidak ingin membuat Komjak sia-sia, ternyata (foto) hasil editan misalnya,” tandasnya. 

Baca juga : Kejaksaan Incar Pimpinan Bank Bukopin Surabaya

Pertemuan itu, diduga dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2019. Dicurigai untuk memuluskan rencana Djoko Tjandra mengajukan Peninjauan Kembali (PK) perkara cessie Bank Bali. 

Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak menyatakan siap menindaklanjuti laporan ini. Ia menyebut Jaksa P merupakan pejabat eselon IV di Kejaksaan Agung. 

“Karena ada dugaan bahwa salah satu dari foto yang bersama buronan itu adalah oknum jaksa, tentu kami akan melakukan pengecekan,” kata Barita. 

Baca juga : Polisi Gagah Kembali Kalau Bisa Ringkus Djoko Tjandra

Komisi Kejaksaan juga akan memastikan, apakah Kejaksaan Agung telah melakukan pemeriksaan internal mengenai skandal ini. 

“Kalau belum (pemeriksaan internal), maka kami bisa melakukan klarifikasi kepada yang dilaporkan itu,” ujarnya. 

Hasil penelusuran, Jaksa P merupakan istri perwira menengah (pamen) Polri. Telepon genggam Jaksa P tidak aktif, ketika hendak dimintai konfirmasi dengan foto itu. Begitu pula telepon suaminya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.