Dark/Light Mode

Duit Edisi HUT RI Diserang Hoaks

Baju Adat Kaltara Disebut Baju China

Rabu, 19 Agustus 2020 07:58 WIB
Pecahan uang baru Rp 75.000 edisi HUT RI Ke-75. (Foto: Istimewa)
Pecahan uang baru Rp 75.000 edisi HUT RI Ke-75. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru juga diluncurin, duit edisi khusus HUT RI ke-75 pecahan Rp 75 ribu diserang hoaks. Salah satu pakaian adat yang ada di dalam duit tersebut dibilang baju adat China. Padahal, itu baju adat dari Suku Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara).

Duit pecahan Rp 75 ribu ini diluncurkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Senin (17/8). Sri Mulyani mengatakan, duit edisi HUT RI ke-75 itu sebagai wujud syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun.

Baca juga : Sudah Diskenariokan Sejak 20 Juli, Mahfud Nggak Kaget Djoko Tjandra Ditangkap

Duit ini sekaligus simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju. Duit baru itu langsung jadi omongan warganet. Mereka pun ramai berburu duit tersebut.

Namun, ada juga yang mempertanyakan desainnya. Misalnya yang dilakukan @HDou boegiez. “Ini adalah uang baru yang kata nya diluncurkan hari ini oleh BI. Ada yang bisa tebak, pakaian adat dari ma nakah gambar yang dilingkar?” cuitnya. Gambar yang dilingkari memperlihatkan seorang anak dengan mengenakan baju adat lengkap dengan penutup kepalanya seperti baju tradisional China, Cheong sam.

Baca juga : HIPMI Dorong Pengusaha Muda Garap Bisnis Pertanian

“China Komunis sudah memainkan perannya,” duga @Adipati Singape1. Sementara akun @ikopangestii kesal dengan beredarnya hoaks baju adat itu. “Yang bikin hoax ada baju adat China di duit pecahan 75 ribu cuk sini matamu tak kerokin pake duit gope logaman. stop tolol lah. dikit-dikit cina,” cuitnya.

Akun @izha rellas mengaku sedih dengan hoaks itu. “Kemarin salib, sekarang baju adat Kalimantan dibilang dari China wkwkwkw makin konyol,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.