Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Romo Benny: Pengamalan Pancasila Perlu Role Model

Senin, 5 Oktober 2020 20:58 WIB
Romo Benny: Pengamalan Pancasila Perlu Role Model

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Merayakan Perbedaan (IMP) menggelar diskusi online dengan tema "Memperkuat Kesaktian Pancasila" pada Senin (5/10).

Diskusi yang dihadiri lebih dari 100 peserta dari tokoh agama, tokoh masyarakat, dan umum ini menghadirkan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo.

Baca juga : Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk Terus Teguhkan Ideologi Bangsa

Dalam penjelasannya, Benny mengatakan, tantangan saat ini adalah menjadikan Pancasila sebagai gugus insting.

"Tantangan kita itu, menjadikan Pancasila sebagai gugus insting dalam bertingkah, berperilaku,bernalar,dan berelasi," jelasnya.

Baca juga : Tolonglah, Pengadu Jangan Main-main Melapor Ke DKPP

Benny menjelaskan, sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mencerminkan orang yang memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Jika menjadi roh dalam kebijakan publik, maka akan menemukan kembali tokoh dalam perjuangan.

Selanjutnya, membatinkan Pancasila dalam praksis kehidupan sehari hari dalam keluarga, sekolah , dan masyarakat harus dilakukan.

Baca juga : Kementan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Food Estate

"Bermacam-macam cara seperti melalui dongeng dan permainan, sekarang mulai pudar. Pendidikan nilai harus diutamakan. Sehingga, mau dan sadar yang menjadi gugus insting. Pancasila harus dicerminkan dalam kehidupan sehari hari. Bukan hanya sekedar hapalan. Harus menjadi habitus," jelas Benny.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.