Dark/Light Mode

Romo Benny: Pengamalan Pancasila Perlu Role Model

Senin, 5 Oktober 2020 20:58 WIB
Romo Benny: Pengamalan Pancasila Perlu Role Model

 Sebelumnya 
Saat ini, masyarakat membutuhkan teladan. Khususnya, dalam pengamalan nilai Pancasila. Benny beranggapan, masyarakat, khususnya anak- anak rindu sosok teladan.

"Di ruang publik, kita mengalami krisis sosok teladan atau role model. Seharusnya, dalam setiap sila, terlihat dalam setiap tindakan dan ada role model-nya," papar Benny.

Baca juga : Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk Terus Teguhkan Ideologi Bangsa

Menurutnya, ruang publik harus diisi dengan konten positif, yang menanamkan dan mengamalkan nilai Pancasila.

"Tantangan saat ini, adalah memasukkan nilai Pancasila ke dalam hal-hal kekinian dan model pembinaan yang aplikatif dengan sistem digital," pungkas Benny.

Baca juga : Tolonglah, Pengadu Jangan Main-main Melapor Ke DKPP

Pada kesempatan yang sama, Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Abdul Latif Bustami mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara final dan mengikat tidak ada lagi perdebatan.

Harus dicermati,  apa yang ditulis dengan apa yang dilakukan. "Keadilan harus benar-benar dengan rakyat. Jangan tajam ke bawah, tumpul ke atas," jelasnya.

Baca juga : Kementan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Food Estate

Senada dengan Benny, Abdul menegaskan perlunya teladan para tokoh bagi masyarakat. "Gotong royong juga dirasakan masyarakat semakin menjauh. Teladan dari para tokoh, menurut riset yang ada  mengecewakan. Oleh karena itu, perlu ada perjuangan yang terus menerus," terang Abdul.

"Silakan orang merekayasa apa pun. Tapi sejarah menjelaskan, Pancasila adalah solusi terbaik sebagai dasar negara dan pedoman dan nyata adanya. Pancasila sebagai pemersatu dan perjalanan sejarah menjelaskan bahwa Pancasila luar biasa," tutupnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.