Dark/Light Mode

Jadi Saksi Kasus Suap Nurhadi Dan Menantunya

Mantan Pegawai PT HEI Disuruh Segera Kabur Ke Luar Jakarta

Kamis, 5 November 2020 08:21 WIB
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (kiri). (Foto: Tedy O. Kroen/RM)
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (kiri). (Foto: Tedy O. Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rekening Calvin Pratama pernah dipakai menampung uang suap dari Hiendra Soenjoto. Mantan Legal PT Herbiyono Energi Industri (HEI) itu disuruh kabur, agar tidak diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Calvin dihadirkan sebagai saksi sidang perkara mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono. Rezky me rupa kan pemilik PT HEI.

Baca juga : Karyawan Pergi Ke Zona Merah Saat Libur Panjang Wajib Lapor

Calvin menuturkan, pada awal Desember 2019 dihubungi Gabriel alias Gabi. “(Gabi) me nga takan bahwa KPK sedang me ngincar saya,” tuturnya.

Calvin disuruh kabur. Ia tak mengerti kenapa Gabi menyuruh melarikan diri. Padahal, ia sudah tidak terkait dengan Rezky sejak keluar dari PT HEI pada 2016. “Dalam pikiran saya dia (Gabi) bekerja dengan Rezky. Berarti ini perintah Rezky. Jadi saya ikuti sajalah. Kunci mobil saya diminta sama orang suru han Gabi. Pelat nomor mobil saya dilepas,” kata Calvin.

Baca juga : KPK Bakal Jerat Nurhadi Dan Menantunya Pakai TPPU

Awalnya, Gabi berpindah pindah kos. Lalu disuruh ke luar Jakarta. Semua biaya tiket pesawat dan penginapan ditang gung Gabi. “Saya datang ke hotel, sudah dibooking. Mobil juga sudah disiapkan,” ungkapnya.

Selama pelarian, Calvin tidak pernah bertemu maupun berkomunikasi dengan Gabi. Di tengah pelarian, pada pertenga han Desember 2019, Gabi mengajak bertemu untuk membicarakan suatu hal. Gabi terbang untuk menemui Calvin.

Baca juga : Eks Sekretaris MA Nurhadi Dan Menantunya Bakal Segera Disidang

Mereka akhirnya bersua. Calvin diminta ikut ke suatu tempat. Ternyata ia dibawa ke ban dara. “Saya bertemu pihak KPK di bandara itu,” tuturnya.

Bersama penyidik KPK, Calvin kembali ke Jakarta. Setiba di ibu kota, Calvin dibawa ke Gedung Merah Putih untuk men jalani pemeriksaan sebagai saksi perkara Nurhadi dan Rezky.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.