Dark/Light Mode

Inovatif dan Solutif Di Tengah Pandemi, Ini Dia Pemenang IHIA IV-2020 Dan IHIE I-2020

Selasa, 1 Desember 2020 11:27 WIB
Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro saat mengumumkan pemenang Indonesia Healthcare Innovation Awards IV-2020 (IHIA IV-2020). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro saat mengumumkan pemenang Indonesia Healthcare Innovation Awards IV-2020 (IHIA IV-2020). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pada tahun ini, IndoHCF juga menyelenggarakan Indonesia Healthcare Innovation Expo I-2020 (IHIE I-2020) dalam upaya memperkenalkan karya-karya inovasi anak bangsa dibidang kesehatan baik yang terkait dengan program pemerintah maupun produk inovasi lainnya dengan harapan menjadi pembelajaran serta memacu para inovator lainnya serta meningkatkan pembangunan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Pemenang Stand Expo-IHIE I 2020 kategori stand pemerintah diberikan kepada Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan dan Inovasi ICT- e-KASIH, RSUD Jagakarsa, sebagai stand Inovasi terbaik. Sementara kategori stand industri kesehatan dimenangkan oleh Sinko. 

Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan tantangan nyata yang tidak mudah di sektor kesehatan sehingga butuh inovasi teknologi untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan sehingga Indonesia bisa segera keluar dari kemelut pandemi. Ajang IHIA-IV 2020 diikuti 138 inovator dari seluruh Indonesia.

Baca juga : Yang Ngumpulin Massa Di Tengah Pandemi, Bakal Dimintai Pertanggungjawaban Di Akhirat

Ajang IHIA-IV 2020 dan rangkaian ilmiahnya, lanjut Supriyantoro, merupakan bentuk kontribusi dalam memberikan dukungan kepada pemerintah untuk penanggulangan pandemi Covid-19. “Dengan kolaborasi dan sinergi bersama bisa menjadi sesuatu kekuatan yang bermakna dalam mendukung pembangunan kesehatan khususnya di era pandemi Covid-19 ini,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (1/12).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berharap, melalui ajang IHIA IV-2020 dapat terjalin kolaborasi yang sinergis antara peneliti dan akademisi dengan industri serta pemerintah sehingga dapat terwujud pengembangan industri alkes dalam negeri berbasis riset serta hilirisasi hasil penelitian dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan produk kesehatan dalam negeri yang berdaya saing untuk tercapainya kemandirian alat kesehatan. “Semoga penghargaan yang diberikan semakin menguatkan tekad kita untuk berinovasi menuju kemandirian sebagai bangsa yang penuh inovasi,” ujarnya.

Baca juga : Pelindo III Buka Port Virtual Run and Bike 2020, Diramaikan 15 Ribu Peserta

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan, pandemi Covid-19 dapat menjadi titik tolak bagi inovator-inovator Indonesia untuk membangun industri alat kesehatan dan obat yang selama ini masih banyak bergantung pada impor. "Saya berharap kolaborasi kegiatan riset dan inovasi yang telah dan akan dilakukan dapat membuat masyarakat kembali optimis dan positif bahwa Indonesia dapat segera melewati masa pandemi ini," ujarnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.