Dark/Light Mode

Inovatif dan Solutif Di Tengah Pandemi, Ini Dia Pemenang IHIA IV-2020 Dan IHIE I-2020

Selasa, 1 Desember 2020 11:27 WIB
Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro saat mengumumkan pemenang Indonesia Healthcare Innovation Awards IV-2020 (IHIA IV-2020). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro saat mengumumkan pemenang Indonesia Healthcare Innovation Awards IV-2020 (IHIA IV-2020). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melalui proses penjurian ketat, Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) akhirnya menetapkan peraih penghargaan Indonesia Healthcare Innovation Awards IV-2020 (IHIA IV-2020). Penjurian IHIA-IV telah diselenggarakan secara virtual pada 23-27 November 2020 dengan para juri yang berasal dari perwakilan 18 institusi/organisasi, termasuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

IHIA IV-2020 merupakan rangkaian kegiatan dari “56 Hours of Scientific Meeting and Exhibition: Smart Strategy and Innovation Management During and After Covid-19 Era” yang diselenggarakan IndoHCF dan idsMED Learning Academy (iLA) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, sekaligus memperingati hari kesehatan nasional yang ke-56. IHIA IV-2020 memberikan penghargaan dalam lima kategori inovasi yaitu: Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Alat Kesehatan, dan Informasi fan Teknologi Bidang Kesehatan. 

Baca juga : Yang Ngumpulin Massa Di Tengah Pandemi, Bakal Dimintai Pertanggungjawaban Di Akhirat

Untuk Kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), peraih Platinum Award adalah Emergency Button Sollution In My Hand, RSUD Dr Iskak Tulungagung, Jawa Timur. Peraih Gold Award adalah PSC 119 Sregep Mapan Kota Cirebon, Jawa Barat. Sedangkan peraih Silver Awards adalah Jakarta Emergency Medical Service (JEMS), AGD Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

Untuk kategori Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), peraih Platinum Award adalah Kampung Germas Boyolali, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Peraih Gold Award adalah Kampung Siaga Candi Hebat Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jawa Tengah. Peraih Silver Award Iva Tante Cerdas, Puskesmas Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. 

Baca juga : Pelindo III Buka Port Virtual Run and Bike 2020, Diramaikan 15 Ribu Peserta

Adapun pemenang pada kategori Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yaitu peraih Platinum Award adalah Jak 5 Induksi dari Satpel Dukcapil Kel Kali Anyar Puskesmas Kelurahan Kali Anyar, Kota Administrasi Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peraih Gold Award, Gepuk Pepes (Gerakan Peduli Kesehatan Pekerja Perempuan) dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jawa Tengah. Peraih Silver Award adalah Ojo Stunting dari Puskesmas Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. 

Sementara itu, di kategori Alat Kesehatan pemenang Platinum Awards adalah Mirocle, Inovasi Terapi Stroke Robotik Berbasis Eeg Real-Time dari Institut Teknologi Sumatera (Itera) Kota Lampung Selatan, Lampung. Peraih Gold Award adalah Tes Buta Warna Berbasis Klaster Cone Dan Rod Cell dari Institut Teknologi Bandung-Universitas Padjajaran-RS Mata Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Dan peraih Silver Award adalah Indonesian-Customized Pedicle Screw dari RSUP Dr. Sardjito-Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, DI Yogyakarta. 

Baca juga : KAI Terus Berupaya Jadi Solusi Di Tengah Pandemi Corona

Pemenang kategori Information And Communication Technology (ICT) Bidang Kesehatan masing-masing peraih Platinum Award adalah Lawan Covid-19 Harus Strong oleh Dr Mochamad Abdul Hakam, Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jawa Tengah. Peraih Gold Award adalah Maternal Perinatal Death Notification Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia (PP POGI) Kota Administrasi Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peraih Silver Award adalah Bilinorm, Web Based Application Untuk Tatalaksana Bayi Kuning oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, RSUD Dr Soetomo Kota Surabaya, Jawa Timur. Kemudian selain pemenang per kategori ada juga pemenang Inovasi Favorit yang dipilih melalui media sosial pemenangnya adalah Inovasi ICT- e-KASIH (Komunikasi Ayah Siaga dan Ibu Hamil), RSUD Jagakarsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.