Dark/Light Mode

Caleg Gagal Hati-hati Stres Dan Gila

Sabtu, 23 Maret 2019 10:20 WIB
Penderita Depresi (Foto : istimewa)
Penderita Depresi (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap pemilihan pasti ada yang kalah ada yang menang. Begitupun pertarungan antar caleg di Pemilu serentak 17 April 2019. Pasti ada caleg yang terpilih dan yang tidak terpilih. Caleg terpilih akan bahagia. Caleg gagal seperti dapat bencana.

Uang habis ratusan juta hingga milaran, belum lagi aset dijual untuk kampanye. Ada juga caleg yang rela berutang ke sana kemari untuk membayar logistik Pemilu dan membayar saksi. Setelah kalah, pusing untuk membayar utang tersebut. Bagi caleg yang tidak siap kalah, harus berhati-hati.

Baca juga : IPW Minta Satgas Antimafia Sepakbola Tahan Jokdri

Depresi, stres hingga gila menjadi permasalahan setiap kali Pemilu usai. Fenomena yang sering terjadi di setiap Pemilu ini digambarkan oleh akun poliklitik. Mereka menampilkan meme yang diunggah di instagram. Ada dua gambar. Di gambar pertama, ada beberapa caleg terlihat lunglai, jalannya sempoyongan.

Depresi karena kalah dalam pemilihan caleg 17 April. Salah satu caleg stres itu terus menyebutkan kursi. Sedangkan di gambar yang kedua, ada seorang dokter dan susternya siap men- erima caleg stres. Si suster bilang. “Para mantan caleg depresi berdatangan dok.” Tanpa basa basi dan mengeluarkan kata-kata, si dokter langsung mempersiapkan obat penenang dan jarum suntikan.

Baca juga : Kerja Satgas Antimafia Sepakbola Selaras Dengan Nawacita Jokowi

Di meme itu, akun poliklitik menukilkan caption. “Antisipasi Depresi - Mimin itu selalu salut sama dedikasi para caleg, bayangin aja saking kuat tekadnya dalam membela hak-hak wong chillique, saat mereka gagal kepilih ada yang sampai stres lho. Sungguh niatnya mulia banget sekali pisan kan?” tulis akun itu.

Unggahan meme itu menjadi perbincangan warganet. Menurut ciprut999, wajar ada caleg yang stres tidak terpilih. “Kalau udah keluar duit banyak tapi ga dapet kursi ya stres lah,” ungkap dia membenarkan.

Baca juga : Garut Hair Stylist Dan Lee Min Ho

Pandangan yang sama juga diungkapkan prayogaadi.17. Kata dia, banyak caleg yang stres dan gila karena sudah banyak keluar uang untuk membiayai kampanye politik dan membeli berbagai logistik seperti kaos, bendera maupun yang lainnya. “Duit habis kursi tidak dapat ya stres.”

Begitupun dengan raaffindra yang mengatakan, caleg stres biasanya karena harta benda dan asetnya dijual habis untuk membiayai Pemilu. “Gara-gara ga ada modal lagi njir penyebab stresnya. Awkwkwkwk,” ujar dia. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :