Dark/Light Mode

Awas, Pakar Prediksikan Serangan Siber Di Tahun 2021 Makin Gawat

Selasa, 29 Desember 2020 16:43 WIB
Pakar keamanan siber Pratama Persadha. (Ist)
Pakar keamanan siber Pratama Persadha. (Ist)

 Sebelumnya 
Diperkirakan Joker Stash menjual data tersebut di 40 negara. Tidak berselang lama, pada awal Februari 2020 masyarakat dihimbau untuk mewaspadai email atau surat elektronik (surel) palsu berisi ancaman virus Corona.

Di Jepang ditemukan sejumlah malware yang disebarkan lewat surel dengan teknik phishing. Pembajakan WhatsApp menimpa Ravio Patra pada akhir April, yaitu seorang peneliti kebijakan publik. Akun WhatsApp Ravio diduga telah dikuasai pembajak.

Awal Mei Publik tanah air dihebohkan kasus bocornya data 91 juta pengguna Tokopedia dengan bocornya data pengguna. Semua dijual dengan harga 5.000 dolar AS atau sekitar Rp74 juta Diakhir Juni 2020, Webinar di Zoom yang dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin diduga diretas.

Baca juga : Rossi Prediksi KTM dan Suzuki Saingan Berat Di MotoGP 2021

Saat sang Wapres berbicara, tiba-tiba tampilan layar Ma'ruf Amin penuh dengan coretan. Aksi pertasan tersebut terjadi di hadapan ribuan orang yang menjadi peserta webinar.

Bahkan media ikut kena retas, setelah Tempo.co lalu berlanjut ke media online Tirto di Agustus. Pemimpin Redaksi (Pemred) Tirto, Sapto Anggoro, menduga bahwa hal tersebut dilakukan oleh pihak-pihak yang merasa tersinggung atas konten berita di Tirto.

Data pengguna ShopBack dan RedDoorz Bocor di bulan September 2020m Oktober 2020, publik tanah air ramai saat situs web DPR yang beralamat dpr.go.id diretas.

Baca juga : Israel Serang Rumah Sakit Di Ramallah Palestina

Sebuah video yang viral memperlihatkan halaman muka situs web DPR yang tulisannya diubah menjadi "Dewan Pengkhianat Rakyat".

Dikabarkan pada November 2020 aplikasi Muslim Pro yang menjual data penggunanya ke Militer Amerika Serikat (AS) menghebohkan masyarakat.

Diketahui Militer AS membeli data tersebut untuk mendapatkan lokasi pengguna. Diawal Desember 2020 publik tanah air sekali lagi dikejutkan oleh beredarnya video syur yang diduga mirip Artis.

Baca juga : Jet Tempur Israel Lancarkan Serangan Ke Gaza

Kedepannya Indonesia perlu lebih mewaspadai ini. Tantangan serangan siber diprediksi makin gawat di 2021. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.