Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MUI Jateng Usulkan Kiai Masuk Daftar Prioritas Vaksin Covid

Ganjar: Kalau 10 Kiai Mau Dan Memenuhi Syarat, Itu Sudah Hebat Banget

Rabu, 6 Januari 2021 08:14 WIB
Foto: Pemprov Jawa Tengah
Foto: Pemprov Jawa Tengah

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah (Jateng), KH Ahmad Daroji mengusulkan agar para kiai masuk dalam urutan pertama, atau sebagai sampling penerima vaksin Covid-19.

Kiai Daroji bilang, pihaknya sudah mengirim surat kepada Presiden Jokowi terkait prioritas kiai dalam program vaksinasi tersebut.

“Kalau kiai sudah mengatakan iya, maka masyarakat meyakini itu halal. Jadi kalau bisa, kiai masuk prioritas. Karena satu kiai sama dengan seribu santri, bahkan lebih. Jadi nilainya tinggi sekali,” katanya dalam FGD bertema “Kebijakan Pemprov Jateng dalam Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 serta Kesiapan Ponpes dalam Menghadapi Era Adaptasi Baru” di Hall Ruang Paripurna DPRD Jateng, Senin (4/1).

Baca juga : KPK Periksa Pengusaha Soal Rasuah Untuk Pejabat BPN

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut baik usulan tersebut. Menurutnya kesediaan atau kemauan dari tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kiai bisa menjadi contoh yang baik terkait vaksinasi Covid-19.

Para tokoh tersebut merupakan teladan bagi banyak orang, sehingga vaksin lebih banyak diterima oleh masyarakat.

“Saya senang, mendengar Kiai Daroji tadi. Bahwa kiai harus nomor satu. Ini harapan bagus. Kalau itu terjadi dari Jawa Tengah, keren. Tapi memang ada syarat. Seperti syarat kesehatan, syarat umur, dan sebagainya. Itu yang perlu kita siapkan," kata Ganjar seperti dilansir laman Pemprov Jateng, Selasa (5/1).

Baca juga : Prostitusi Online Di Bawah Umur Kian Menjamur Di Kota Bandung

"Tapi, apa yang disampaikan Kiai Daroji itu melegakan saya. Itu yang saya tunggu. Sebenarnya kalau itu mau, itu akan mendorong lebih cepat lagi. Sesuai dengan harapan dari pemerintah pusat dan Kementerian Kesehatan," imbuhnya.

Ganjar mengatakan, beberapa waktu lalu sudah ada komunikasi antara Menteri Kesehatan dengan para Gubernur. Salah satunya adalah terkait kesediaan tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kiai untuk bersedia menjadi penerima vaksin tahap pertama bersama Presiden Jokowi.

“Sebenarnya saya dititipi juga. Jadi umpama nanti kesempatan pertama bisa serentak se-Indonesia, dari Jawa Tengah mungkin perwakilan para kiai akan lebih banyak. Saya bayangkan, 10 kiai mau dan memenuhi syarat untuk divaksin menurut saya sudah hebat banget. Bisa jadi contoh,” jelas Ganjar.

Baca juga : HNW: Kalau Serius Perang Melawan Corona, Anggaran Riset Harus Ditambah

Saat ini, sudah ada sekitar 62 ribu vaksin Sinovac yang tiba di Jawa Tengah pada Senin (4/1) dini hari, dengan pengawalan ketat dari kepolisian. Puluhan ribu vaksin tersebut sekarang disimpan di Gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, di Kota Semarang. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.