Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tak Kena Wajib Lapor, Ba`asyir Happy Dan Sehat Walafiat

Jumat, 8 Januari 2021 15:25 WIB
Abu Bakar Ba`asyir saat keluar dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1) dini hari. (Foto: Kumham)
Abu Bakar Ba`asyir saat keluar dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1) dini hari. (Foto: Kumham)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menyatakan Abu Bakar Baasyir tak dikenakan wajib lapor kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) usai bebas murni dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1) dini hari.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti kepada wartawan di Lapas Gunung Sindur, Bogor. 

Baca juga : Jelang Pencoblosan, Bawaslu Ingatkan Depok Dan Medan Paling Rawan

"Bapak Abu Bakar Baasyir bebas murni, tidak wajib lapor lagi di pemasyarakatan, tanggung jawab kami adalah sampai di sini," kata Rika.

Menurutnya, setelah bebas murni, Ditjenpas tak lagi turut andil lagi. Sebab sudah menjadi bagian dari instansi lain, salah satunya yaitu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). "Selanjutnya mungkin ada tindak lanjut ataupun treatment dari pihak-pihak terkait," ucap Rika.

Baca juga : Sampai Saat Ini, Gubernur Anies Sehat Walafiat

Rika menyebut, agenda pemulangan Baasyir menerapkan standar protokol kesehatan.Baasyir terlebih dahulu menjalani rapid test antigen dengan hasil negatif. Keluarga yang menjemput juga dimintai surat hasil tes usap.

"Pada saat dibebaskan Abu Bakar Baasyir, bawaannya bahagia dan dalam kondisi sehat, tadi pun sebelum bebas sempat dicek tensi alhamdulillah dalam kondisi sehat," terangnya.

Baca juga : Menangkan Pilpres AS, Biden-Harris Banjir Ucapan Selamat Di Twitter

Ditambahkannya, jadwal kepulangan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunung Sindur memang sengaja dimajukan dari jam kerja menjadi dini hari. Ini agar tidak terjadi kerumunan simpatisan.

"Alhamdulillah simpatisan tidak ada. Kita majukan jadwal pemulangan agar tidak terjadi kerumunan," jelasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.