Dark/Light Mode

Donorkan Plasma Konvalesen

Ayo, Saatnya Kamu Jadi Pahlawan Lawan Corona

Senin, 25 Januari 2021 05:15 WIB
Ilustrasi Plasma Darah. (Foto : Getty Images/Alexander Hassenstein).
Ilustrasi Plasma Darah. (Foto : Getty Images/Alexander Hassenstein).

 Sebelumnya 
Netizen mengajak masyarakat penyintas Covid-19 mendonorkan plasmanya demi kesembuhan pasien Corona. Saatnya, para penyintas menjadi pahlawan.

“Ayo, saatnya kamu jadi pahlawan. Kesembuhan saudara kita ada pada darah kita. Ayo donorkan plasma darah kita untuk membantu pasien Covid 19,” ajak @eventsurabaya.

@lawancovid19_id menyambar. Dia mengatakan, pada 18 Januari 2021, Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

Baca juga : Bamsoet Ucapkan Selamat Ke Biden Dan Kamala

“Dibutuhkan kerja sama dan solidaritas tinggi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut,” kata dia.

@kominfongw menyambung. Dia bilang, Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi men­canangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen. Transfusi plasma konvalesen meru­pakan salah satu terapi tambahan untuk mengo­bati pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis.

“Ayo, jadi donor plasma konvalesen. Sangat dibutuhkan dan dapat membantu pasien Covid-19,” ajak Uceng.

Baca juga : Airlangga: Wujud Syukur Dengan Selamatkan Nyawa Sesama

Kang Dien menyambung. Dia mengajak seluruh penyintas Covid-19 mendonorkan plasma darahnya.

Mereka yang hari ini dirawat karena Covid-19, sangat memerlukan bantuan donor plasma dari semua yang telah dikaruniai kesembuhan dari Covid-19.

“Kamu (para penyintas) menyimpan kekuatan yang sangat bisa dibagikan,” kata dia.

Baca juga : Airlangga Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesennya

FebrinaSugianto mengatakan, plasma konvalesen merupakan bagian dari darah, di mana antibodi spesifik untuk melawan virus.

Menurutnya, plasma konvalesen digunakan un­tuk terapi Covid-19 berat. Donor ini hanya bisa dilakukan oleh para penyintas Covid-19.

@Barantan_RI menyambung. Dia mengatakan, donor plasma darah menjadi salah satu terapi terhadap pasien Covid-19. Metode ini memanfaatkan antibodi dalam darah pasien sembuh Covid-19 dan diberikan pada pasien Covid-19 yang masih terinfeksi. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.