Dark/Light Mode

Moeldoko Nongkrong Di Warung Pinggir Sawah

Makan Ketoprak, Rokoknya Cerutu

Senin, 15 Februari 2021 07:51 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko saat makan ketoprak di salah satu warung di pinggir sawah, di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Instagram/dr_moeldoko)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko saat makan ketoprak di salah satu warung di pinggir sawah, di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Instagram/dr_moeldoko)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko menghabiskan libur akhir pekannya dengan nongkrong di salah satu warung di pinggir sawah, di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Dia sana, mantan Panglima TNI ini makan ketoprak, makanan rakyat kecil. Tapi, usai makan, dia menghisap cerutu, rokoknya orang-orang gedongan. Gaya Moeldoko ini jadi perbincangan warganet. Tak sedikit yang mengaitkan gaya tersebut dengan situasi politik terkini.

Suasana liburan itu dibagikan Moeldoko di akun Instagramnya, @dr_moeldoko, kemarin. Ada dua foto yang diunggahnya. Pertama, saat dia makan ketoprak. Kedua, saat dia menghadap ke arah sawah sambil memegang cerutu.

Moeldoko tampil santai. Ia mengenakan kaos tanpa kerah dan dipadu bawahan celana jeans. Di tangan kanan, terpasang arloji pintar. Suasana di sekitar warung terlihat asri. Hamparan sawah dan bukit tersaji di belakang warung, yang tanpa terhalang dinding itu.

Baca juga : Pengamat: Moeldoko Tak Dirugikan Isu Kudeta Partai Demokrat

"Gemericik aliran sungai membawa kenangan masa kecil di kampung halaman," tulis Moeldoko, memberi keterangan foto yang diunggahnya.

Ketika menyantap ketoprak, Moeldoko duduk di meja tengah warung yang menghadap ke arah jalan. Meja kayu panjang, beralaskan karpet plastik warna hijau. Di atas kepalanya menggantung rempeyek berbungkus plastik.

Setelah makan, Moeldoko pindah ke meja belakang, yang menghadap ke areal persawahan. Tampak hamparan padi yang mulai menguning dan keramaian di Sungai Cipamingkis, membelah persawahan. Di meja belakang itu, ia mengeluarkan cerutunya. Dinyalakan, lalu dihisap dalam-dalam. 

Baca juga : Orang Kaya Mau Dimanja, Orang Miskin Cemburu

Moeldoko mengaku cukup lama nongkrong di sana. "Wah, asyik tadi sejaman," ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Unggahan Moeldoko ini mengundang banyak komentar warganet. Meski Moeldoko bergaya santuy, namun banyak warganet justru bicara serius. Beberapa di antaranya bahkan mengungkit-ungkit isu kudeta kursi ketua umum Partai Demokrat. Sebagian lagi, malah mendukung Moeldoko nyapres di 2024

Dukungan agar Moeldoko nyapres salah satunya datang dari akun @mastwon misalnya. "The next president," tulisnya dengan akhiran emoji bendera Merah Putih. "Sederhana. The Next President nih," timpal @awadsadewa. "Next president," sahut @ovr_507, dengan bahasa yang mirip. 

Baca juga : Moeldoko: Penularan Corona Di Kalangan Kabinet Terkontrol

Yang lainnya, justru merespons santapan dan rokok Moeldoko. "Makan warung pinggir jalan, tapi tetep habis makan nyedot ya cerutu. Mantap Jenderal," komentar @aria_duta_alias_didut dengan emoji jempol. "Asyik, sambil nyigar," tulis @isetia. “Nambah lontong sayurnya, Pak, biar tambah kuat," timpal @sewamotorbali_.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.