Dark/Light Mode

23.000 Posko Berdiri Di Desa/Kelurahan

Pasar Tradisional Bikin Posko Tangguh Covid-19 Juga Dong

Sabtu, 13 Maret 2021 05:24 WIB
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah. (Foto : Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia).
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah. (Foto : Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia).

 Sebelumnya 
Dari total laporan yang masuk, kegiatan yang paling banyak mendapat teguran dari posko adalah kegiatan masyarakat yang berpotensi men­imbulkan kerumunan. Seperti pesta pernikahan, kegiatan rapat dan kegiatan keagamaan.

“Mohon dijaga semangat gotong royong dan bahu membahu dalam menjalankan PPKM Mikro hingga tingkat terkecil, tidak hanya pada awal pelaksanaan, namun seterusnya hingga kasus dapat kita tekan, dan penanganan di ting­kat nasional dapat membaik secara signifikan,” kata Wiku.

Baca juga : Corona Jenis N439K Lebih Smart Dari B117

Netizen menilai, semakin banyak posko yang dibangun, maka potensi penyebaran Covid-19 akan semakin kecil. Akhirnya, kasus positif Covid-19 akan semakin sedikit.

JemberSektor mengatakan, dengan terben­tuknya Posko Covid-19 maka akan mem­permudah pengawasan protokol kesehatan (prokes) di tingkat RT. Sehingga, bisa dirasakan lebih efektif menekan penyebaran Covid-19. “Pencegahan penularan Covid-19 harus dilak­sanakan dari lingkungan terkecil. Realisasikan Posko Tanggap Corona di setiap desa/kelura­han,” kata MisykaN.

Baca juga : Insya Allah, Shalat Tarawih Berjemaah Bisa Dilakukan

Pratistawidya mengungkapkan, semakin banyak Posko Covid-19, maka semakin banyak pula masyarakat terbantu. Khususnya, mereka yang terdampak pandemi. “Serta memberikan sosialisasi cara pencegahan virus Covid-19 ini,” ujarnya.

Menurut norhica, masyarakat sangat mendu­kung Posko Tanggap Covid-19 karena banyak manfaatnya. Hal yang sama diungkapkan rain­dropnicole. Dia sangat mendukung Posko Tanggap Corona di kelurahan/desa, khususnya di Jawa Barat. “Karena sangat membantu dan mempercepat penanganan Covid-19,” sam­bung raindropnicole.

Baca juga : Kaum Adam Dominasi Kematian Akibat Covid

AndriJatmiko14 mengatakan, Posko Covid-19 merupakan upaya mengendalikan dan menekan kasus Covid-19 di lingkungan terkecil. Mulai tingkat RT/RW yang ada di desa. “Yang akan dibarengi dengan kegiatan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) serta sosialisasi,” tuturnya.

Karolina_bee11 membeberkan, Posko Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan semakin aktif untuk mencegah penularan. Komunikasi antar wilayah juga berangsur berjalan dengan baik disertai dengan gotong royong desa dan kelurahan. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.