Dark/Light Mode

Setelah Pamer Kapal Selam, Lalu Jual Pesawat Ke Senegal

Prabowo Kebagian Harumnya

Jumat, 19 Maret 2021 06:15 WIB
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan pesawat karya anak bangsa CN235-220 MPA ke Angkatan Udara Republik Senegal, di Hanggar Fixed Wing PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/3/2021). (Foto: Humas Kemenhan)
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan pesawat karya anak bangsa CN235-220 MPA ke Angkatan Udara Republik Senegal, di Hanggar Fixed Wing PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/3/2021). (Foto: Humas Kemenhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan kali ini patut diacungi jempol. Setelah pamer kapal selam, Prabowo berhasil menjual pesawat buatan Indonesia ke Senegal. Atas capaiannya itu, nggak salah kalau Prabowo kebagian harumnya.

Pesawat yang dijual ke Senegal itu berjenis CN235-220 MPO. Pesawat ini merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Kemarin, pesawat tersebut telah diserah terimakan dari pemerintah Indonesia ke Angkatan Udara Republik Senegal.

Ikut dalam serah terima tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Elfien Goentoro dan Dirut PTNTP, Ardian Pratama. Serah terima dilakukan di Hanggar Fixed Wing PTDI di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Pembangunan Kapal Selam Kelar, Prabowo: Bukan Untuk Gagah-gagahan

Di akun Instagram Kemenhan RI, prosesi penyerahan pesawat diawali dengan kedatangan Prabowo. Prabowo disambut Elfien Goentoro, Kepala Staf Angkatan Udara Senegal, Brigadier General Papa Souleymane, dan sejumlah jajaran terkait. Sambil berjalan menuju kabin pesawat, Prabowo ngobrol dengan Soulaymane.

Penampakan pesawat tersebut ikut dipamerkan Prabowo di akun Instagramnya. Dari semua sudut, pesawat berwarna biru langit itu, terlihat sangat gagah. Ditambah lagi hiasan gambar bendera Merah Putih di bagian buntut pesawat. Prabowo bersama rombongan menyempatkan melihat bagian dalamnya.

Di dalam kabin, rombongan ditunggu dua operator yang ditugaskan menjelaskan fungsi pesawat. Dengan menggunakan setelan safari khasnya, mantan Danjen Kopassus itu, serius memperhatikan tutorial yang diperagakan operator. Selanjutnya, Prabowo memberikan miniatur pesawat ke Soulaymane.

Baca juga : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Sambangi Markas KPK

Prabowo menyatakan, penyerahan Pesawat CN235-220 MPA kepada AU Republik Senegal patut dibanggakan. Apalagi, penjualan pesawat ke Senegal bukanlah yang pertama, tapi sudah ketiga kalinya. “Ini adalah industri masa depan, industri yang paling sulit dan yang paling canggih,” ucap Prabowo.

Souleymane mengaku negaranya sudah 10 tahun menggunakan pesawat produksi PTDI. Di hadapan Prabowo, dia menilai pesawat CN235-220 MPA ini adalah salah satu yang sepesial, karena digunakan sebagai ‘patrol airplane’. Karena itu fungsinya berbeda dengan dua pesawat sebelumnya.

“Kami berharap mendapatkan kepuasan yang sama dengan dua pesawat sebelumnya,” jelas Soulaymane.

Baca juga : Bamsoet Ucapkan Selamat Ke Biden Dan Kamala

Dia menambahkan, kerja sama Senegal dan Indonesia selama ini telah terjalin sangat baik, karena terdapat kesamaan kultur antara kedua negara. “Senegal terus berupaya mencari peluang terbaik untuk bertukar pengalaman dan kerjasama ke depannya dengan Indonesia,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.