Dark/Light Mode

Kritik Desain Ibu Kota Negara

Ridwan Kamil Emang Ahlinya

Selasa, 6 April 2021 07:40 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/4/2021). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/4/2021). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)

 Sebelumnya 
“Bangunan Istana Negara berbentuk burung Garuda atau menyerupai Garuda merupakan simbol di dalam bidang arsitektur tidaklah mencirikan kemajuan peradaban bangsa Indonesia di era digital,” kata Ketua Ikatan Arsitek Indonesia, I Ketut Rana Wiarcha.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, desain Istana Negara masih dalam tahap gagasan awal, sehingga prosesnya terus bergulir. Menurutnya, desain tersebut akan diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana.

Baca juga : KLHK Terus Berbenah Untuk Pembangunan Ibu Kota Negara

Desain Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berbentuk burung Garuda tersebut adalah rancangan biro arsitek Nuart Consultant yang dimiliki Nyoman Nuarta,” kata Rudy.

Karena itu, pemerintah tengah meminta masukan dari sejumlah kalangan. Tidak menutup kemungkinan masukan dari berbagai pihak bisa dikolaborasikan guna menentukan desain final Istana Negara di Ibu Kota Baru tersebut. Karena desain tersebut masih dalam tahap awal.

Baca juga : Ridwan Kamil Ditantang Ikuti Konvensi NasDem

Anggota Komisi V DPR, Syarief Abdullah Alkadrie mendukung desain burung garuda di Istana Ibu Kota Baru di Kalimantan. Menurutnya, filosofi burung garuda untuk bangsa Indonesia sangat kental.

“Soal bentuknya, nanti bisa dirembukkan lagi. Tapi rencana pembuatan burung garuda di Istana Negara IKN sangat baik,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Beli Kreatif Danau Toba Berdayakan UMKM

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, sejumlah usulan untuk desain Istana Negara sudah masuk. Salah satunya adalah desain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan Nyoman sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini,” bebernya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.