Dark/Light Mode

Pakar: Awal Ramadan, Kasus Covid-19 Di Kalsel Terus Meningkat

Rabu, 14 April 2021 19:25 WIB
Ilustrasi petugas kepolisian sedang mengatur lalu lintas di salah satu wilayah di Kalimantan Selatan. (Foto: Antara)
Ilustrasi petugas kepolisian sedang mengatur lalu lintas di salah satu wilayah di Kalimantan Selatan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Muhammad Ahsar Karim mengatakan awal puasa Ramadan 1442 H di Kalimantan Selatan masih diwarnai ancaman peningkatan kasus Covid-19.

"Puasa kali ini masuk periode penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala Mikro (PPKM Mikro) tahap V, selama 6-19 April 2021, dimana kasus Covid-19 masih cenderung meningkat," terang Ahsar di Banjarmasin, Rabu (14/4).

Baca juga : Kasus Covid-19 Bisa Meledak Kayak India, Memangnya Mau?

Dosen Program Studi Matematika FMIPA ULM itu mengatakan data harian kasus Covid-19 Kalsel menunjukkan rata-rata sisa kasus yang aktif dari tahap ke tahap dalam periode PPKM tahap I hingga PPKM Mikro tahap IV masih terus meningkat.

Untuk itulah, jika tingkat kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan tidak lebih baik dari sebelumnya maka diperkirakan penularan Covid-19 di Kalsel masih akan tinggi.

Baca juga : Selama Bulan Ramadan, 5 Komoditas Pangan Ini Harganya Bisa Selangit

Ahsar melihat ada kecenderungan peningkatan aktivitas masyarakat selama Ramadan seperti berbelanja ke pasar atau kebutuhan saat berbuka puasa termasuk ibadah Shalat Tarawih berjamaah di masjid atau mushalla.

Ia menyarankan aktivitas di luar rumah tersebut dapat dikurangi mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19 dimana kerumunan sebaiknya dihindari dalam kegiatan apapun.

Baca juga : Ke Angela Merkel, Jokowi Lapor Kondisi Covid-19 di Tanah Air Membaik

"Pemerintah sudah mengambil kebijakan melarang mudik dan mengimbau masyarakat untuk ibadah di rumah saja. Begitu juga pemda di Kalsel, meniadakan Pasar Wadai Ramadan agar orang tak berkerumun. Mohon agar ini semua dipatuhi demi mencegah penyebaran Covid-19 selama bulan puasa," ujarnya.

Sekedar informasi Kalsel merupakan salah satu di antara 20 provinsi yang menerapkan PPKM Mikro tahap V. Perpanjangan PPKM Mikro ke tahap V di Kalsel tidak terlepas dari peningkatan kasus Covid-19 di wilayah ini berdasarkan pembaruan data harian. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.