Dark/Light Mode

TUGU DAN KOTA

Jumat, 16 April 2021 09:14 WIB
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pemerhati Wisata Kota
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pemerhati Wisata Kota

RM.id  Rakyat Merdeka - Heboh sebuah tugu di Pamulang Tangerang Selatan Banten yang katanya beda antara rencana dan realisasi, menarik untuk diberikan catatan kritis. Tentu saja tulisan pendek ini tidak akan membahas pada aspek kebijakan dan proses pengadaannya. Tetapi ingin meletakkan pentingnya sebuah tugu dalam konteks kehidupan sosial budaya masyarakat kota.

Setiap kota membutuhkan tugu. Sebab sebuah tugu di sebuah kawasan akan menjadi penanda banyak hal bagi kota tersebut. Mari kita bedah satu persatu sesuai fungsi sosiologisnya.

Baca Juga : Wagub Jabar Ingatkan Perusahaan Bayar THR Karyawan

Bagi kalangan biasa, atau awam, maka tugu bisa menjadi penanda untuk menunjukkan posisi. Misalnya ketika berhubungan dengan seseorang yang ingin menegaskan di mana ia berada, maka suatu tugu akan sangat bermanfaat. Ia akan mengatakan, tempat tinggal saya di dekat tugu “ini”. Dengan demikian, maka mereka yang mencarinya bisa dengan mudah menemukan karena petunjuknya jelas.

Bagi kalangan menengah dan elite, fungsi sebuah tugu meningkat. Tugu bukan hanya sebagai penanda kehadiran dan posisi. Tetapi ia juga memiliki fungsi simbolis dan budaya yang menunjukkan fase sebuah ruang dan waktu. Misalnya sebuah tugu yang beraliran realis, atau surealis, akan menyiratkan jaman apa tugu itu dibangun.

Baca Juga : BUMN Ikut Hannover Messe 2021, Menperin Happy

Sehingga tugu bukan sekadar ada, tetapi juga sebuah cerita yang memberikan tanda pada sebuah realitas sejarah. Maka bagi kalangan ini, tugu pada sebuah titik menjadi penting sekali, mulai dari desain, pesan kultural yang ingin disampaikan, dan makna futuristiknya.

Bagi kalangan kedua ini, sebuah desain tugu sangat menentukan posisi sosial budaya mereka di tengah kancah kehidupan. Maka lihat saja, para pengembang kelas menengah atas, tidak segan-segan berinvestasi untuk menghadirkan tugu-tugu dengan desain yang bagus, keren, dan (jika mungkin) timeless. Sebab sudah terbukti bahwa kehadiran sebuah tugu pada sebuah kawasan, akan mengangkat kawasan itu secara komersial dan budaya.

Baca Juga : Satgas Wanti-wanti Daerah Tingkatkan Kualitas Penanganan

Dalam konteks seperti di atas, kita bisa memahami mengapa sebuah tugu sangat penting dihadirkan pada sebuah kawasan tertentu, terutama kota. Sebab dalam sebuah tugu, sebenarnya juga hadir makna-makna mitis yang akan sampai kepada masyarakat. Sehingga jika sebuah tugu dibuat ala kadarnya, makna mitis dari tugu tersebut akan sampai kepada masyarakat dalam bentuk persepsi buruk mengenai aktor yang membangunnya.
 Selanjutnya