Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajak Warga Pake Produk Lokal Setiap Hari Rabu

Pak Jokowi, Rabu Lagi Nih...

Kamis, 6 Mei 2021 07:10 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terus mengajak masyarakat mencintai produk lokal. Salah satunya dengan menetapkan 5 Mei 2021 yang jatuh Rabu kemarin sebagai hari Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Caranya, kata Jokowi, dengan mengenakan pakaian dan aksesoris pendukung lokal lainnya setiap hari Rabu. “Ini sebagai wujud kebanggaan kita terhadap produk buatan Indonesia,” kata Jokowi, kemarin.

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku telah menggunakan produk lokal untuk kegiatan sehari-hari. Menurutnya, kualitas produk lokal sangat baik.

“Jaket dan sepatu yang saya pakai ini adalah hasil produk lokal dan kualitasnya sangat baik, karena itu saya bangga buatan Indonesia dan saya juga membelinya secara online,” tuturnya.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat belanja produk lokal secara online. Di tengah larangan mudik, masyarakat tetap bisa menjalin silaturahmi kepada keluarga atau kerabat dengan cara mengirimkan sesuatu kepada mereka yang dibeli secara online.

Baca juga : Gunakan Varietas Padi Produk HKTI, Petani Ngaku Panen Melimpah

“Jadi tanpa mudik kita tetap bisa bersilaturahmi dan mempererat kekeluargaan dan ini juga bentuk peran serta kita semua untuk menggerakkan perekonomian nasional,” tuturnya.

Menteri Perdagangan, M Lutfi berharap, diselenggarakannya hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) bisa menggerakkan perekonomian. Pemerintah juga meresmikan Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dimulai 5-13 Mei 2021.

“Ini akan memacu konsumsi dan terutama untuk barang-barang produksi Indonesia,” ujar Lutfi, saat konferensi pers secara virtual, kemarin.

Untuk mensukseskan program tersebut, kata dia, sebanyak 72 platform e-commerce bersama-sama pemerintah memberikan subsidi ongkir sampai Rp 20.000.

Dengan kebijakan ini, Luthfi menargetkan pembelian di hari BBI ini bisa sama dengan yang terjadi ketika momen Harbolnas pada 11-12 Desember 2020. Di momen tersebut jumlah uang yang dibelanjakan masyarakat mencapai Rp 11,5 triliun.

Baca juga : Keren, Warga Rusia Ikut Peringati Hari Kartini Di Moskow

Ajakan pemerintah menggunakan produk lokal di hari Rabu ini disambut positif netizen. Akun @suweorajamu28 mengajak pengikutnya untuk ikutan mengenakan produk brand lokal. “Setuju banget pak!” ujarnya.

Menurut @asgarmerah, semakin bangga buatan Indonesia, semakin cepat pertumbuhan ekonomi meroket. “Yuk cintai dan gunakan produk-produk Indonesia,” ujarnya, sambil menyisipkan tagar #MakinBanggaBuatanIndonesia.

Sementara menurut @mang_ib selain mendorong perekonomian nasional, Hari Bangga Buatan Indonesia juga diharapkan bisa mendukung percepatan transformasi digital nasional. “Penggunaan platform dagang elektronik untuk memfasilitasi pelaku usaha lokal akan mendorong kemandirian dan kedaulatan digital,” cetusnya.

Akun @mikaelwa63 bilang, jangan hanya bangga buatan Indonesia. “Hasil panen yang dari bumi nusantara juga harus dibanggakan,” serunya.

Akun @rizky_bapak senang melihat pemerintah ikut promosi buatan lokal. Dengan begitu produk lokak makin diminati dan dicintai sama masyrakat Indonesia.

Baca juga : Pak Jokowi, Rabu Pahing Lagi?

“Memang sudah banyak produk lokal yang berkualitas, tinggal terus dikembangin ke depan,” harapnya, sambil menyisipkan #BanggaBuatanIndonesia.

Akub @persik150 kini sudah saatnya tinggalkan produk impor dan mulai cintai produk produk dalam negeri asli yang nggak kalah sama produk asing.

“Mulai cintai produk asli Indonesia buatan anak bangsa, karena produk kita itu tidak kalah dengan produk impor,” ajak @nyamukkecil7. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.