Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bukan Untuk Tujuan Wisata

WNA Yang Masuk Ke RI Kerja Di Proyek Strategis Nasional

Senin, 10 Mei 2021 05:20 WIB
Warga negara China diperkenankan masuk melalui pintu Bandara Soetta. (Foto : Istimewa).
Warga negara China diperkenankan masuk melalui pintu Bandara Soetta. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Fadhil mengatakan, mudik dilarang, tapi pada saat yang sama, warga negara asing diizinkan masuk ke Indonesia. Harusnya, kata dia, kebijakan larangan mudik juga sejalan dengan larangan orang asing masuk ke Tanah Air. “Kita dilarang mudik, TKA China bisa terus masuk ke Indonesia, padahal jelas-jelas asal virus dari sana,” keluh @Diecky_Firmansyah.

Daniel meminta pemerintah memperketat kebijakan untuk WNA. Dia bilang, pemerintah tidak boleh asal mendatangkan orang asing yang justru ke depannya akan menyulitkan semua pihak. “Jangan hanya memikirkan saat ini, tapi waktu ke depan,” ujarnya.

Baca juga : Dubes RI Dorong Kerja Sama Kesehatan Dengan Kamboja

Namun, banyak juga yang membela kebijakan pemerintah. Menurut @vlad_z, biasanya tenaga ahli dari luar negeri memang banyak masuk ke Indonesia waktu libur Lebaran. Saat itu, mesin-mesin produksi off (tidak bekerja) selama 1 mingguan.

“Mereka bisa maintenance dan overhaul besar-besaran. Sehingga, pada saat selesai Lebaran semua mesin sudah fresh,” jelas @vlad_z.

Baca juga : Krakatau Bandar Samudera Siap Perkuat Logistik Nasional

Aulkun @Fullos menyambung. Kata dia, orang dari China datang untuk bekerja membantu membangun negara ini. Soalnya, kata dia, tidak semua orang mampu mengerjakan apa yang dikerjakan orang China. “Jadi sudah benar keputusan pemerintah,” tandasnya.

Menurut @SRK, para WNA China bekerja secara profesional. Sebelum kerja di Indonesia, mereka dikarantina terlebih dahulu hingga betul-betul sehat dan bebas dari Covid-19.

Baca juga : Targetkan Pertumbuhan 2 Digit Di Kantor Cabang Luar Negeri, BNI Kembangkan Bisnis Internasional

“Tujuan WNA China datang ke Indonesia untuk bekerja dan sudah menjalankan protokol kesehatan, bukan silaturahmi, salaman cipika cipiki, pelukan bergerombol menularkan Covid. Apalagi, jumlah kasus di Indonesia lebih tinggi daripada tempat asal mereka,” kata Arif J.

Dukungan juga datang dari @paansidit. Dia menegaskan, pemerintah tidak lupa tugas prioritas sekarang menurunkan angka Covid-19 yang semakin menaik. Karena itu, WNA China yang datang ke Indonesia sudah memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan sudah memenuhi aturan keimigrasian. “Tujuan mereka adalah bekerja, bukan wisata,” tandas @paansidit. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.