Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Modernisasi Alutsista Rp 1.700 T

Prabowo Dijempolin Dan Didoain

Rabu, 2 Juni 2021 07:20 WIB
Menteri Pertahanan Letjen (Purn) Prabowo Subianto. (Foto: ANTARA)
Menteri Pertahanan Letjen (Purn) Prabowo Subianto. (Foto: ANTARA)

 Sebelumnya 
Pengamat militer dan pertahanan dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi mengaku tak terkejut dengan anggaran jumbo itu. Menurutnya, untuk jangka 25 tahun, duit Rp 1.760 triliun buat belanja alutsista itu, masih tergolong kecil.

Jika rancangan itu disetujui Presiden, Khairul menerangkan, pemerintah bisa mengejar target belanja pertahanan maksimal 1,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) per tahun. Karena anggaran tersebut akan ditambah dengan anggaran pertahanan rutin sebesar rata-rata 0,78 persen dari PDB per tahun.

Sementara, potensi PDB Indonesia selama 25 tahun, besarnya bisa mencapai lebih dari Rp 375.000 triliun. "Angka Rp 1.760 triliun itu sangat kecil, yaitu 0,5 persen saja," tegasnya.

Baca juga : Prabowo Butuh Rp 1.760 Triliun

Pengamat dan peneliti militer dari Binus University Curie Maharani juga mendukung. "Angka ini normal saja, cenderung konservatif," nilai Curie. Hanya saja, ia mengingatkan agar penyusunan rencana itu dilakukan bottom-up dengan melibatkan angkatan.

Sedangkan yang menolak, salah satunya anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon. Politisi PDIP itu meminta Prabowo memberikan penjelasan gamblang ke publik untuk program super besar itum.

"Kami minta Menhan menjelaskan secara rinci. Kami minta Menhan hadir (di DPR) agar tidak ada bias dan multitafsir terkait rancangan Perpres tersebut," kata Effendi.

Baca juga : Kane Dibanderol Rp 1,7 Triliun, Siapa Minat?

Di Twitter, ramai juga membahas isu ini. Akun @P3nj3l4j4h_id, membuat kultwit berisi penjelasan yang membela Prabowo. Termasuk mengirimkan link berita terkait penyataan Dahnil yang menyebutkan bahwa Alpalhankam tak membebani APBN.

"Mba @ChusnulCh__ini ad info dr @Dahnilanzar tentang anggaran alutsista Rp 1.760 triliun. Nanti saya kasih tambahan informasinya sedikit di tread ini. Semoga nhgak ada yang anggap saya bajer Kemenhan. Karena saya nhgak mau program Jokowi dirusak oleh Connie Cs," kicaunya.

"Kalau benar dibelanjakan, waduh hebat. Dana sebesar itu bisa menjadi negara terkuat persenjataan di Asia Tengara. Mungkin juga bisa 20 besar dunia," dukung @GhombunShmily.

Baca juga : Polisi Duga DPO MIT Poso Kembali Bunuh 2 Petani

Akun @AGoeci menyarankan pelibatan BUMN dalam proyek raksasa itu. "Sudah seharusnya yang memasukkan alutsista itu BUMN seperti PT PAL, PT PINDAD, atau BUMN lain yang berada di bawah Kemenhan. Bukan pihak swasta," cuitnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.