Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Calon Jamaah Haji Belum Jelas Nasibnya

Pak Jokowi Rayulah Raja Saudi

Kamis, 3 Juni 2021 07:35 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas berjalan saat akan mengikuti raker dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menag Yaqut Cholil Qoumas berjalan saat akan mengikuti raker dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan Ibadah Haji sudah mepet, tinggal 1 bulan lagi. Namun, sampai kemarin, para calon jamaah haji Indonesia masih belum jelas nasibnya. Berangkat tahun ini atau ditunda lagi. Di tengah kebuntuan itu, harapan besar ditujukan pada Presiden Jokowi. Pak Jokowi, ayo rayulah Raja Saudi.

Kemarin, Menteri Agama, Yaqut Cholil Quomas dan Komisi VIII DPR menggelar rapat kerja membahas soal Ibadah Haji tahun 2021. Namun, rapat yang digelar secara tertutup itu, belum menghasilkan kabar memuaskan. Baik Menag maupun DPR, baru bisa mengumumkan kepastian Ibadah Haji, hari ini.

Baca juga : Pengamat Sepak Bola Nasional: Kompetisi Adalah Promosi Dan Degradasi 

“Komisi VIII DPR bersama dengan Kemenag sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah haji mulai A sampai Z, kami berkesimpulan akan diumumkan secara resmi besok siang (hari ini) di kantor Kemenag,” jelas Yaqut, seusai rapat.

Ketua Umum GP Anshor itu beralasan, ketentuan haji harus disusun dengan bahasa yang tepat dan tidak menimbulkan persepsi yang salah. Untuk itu, ia meminta awak media dan masyarakat bersabar.

Baca juga : Ahsan: Pak Jokowi, Pulangkan Saja Kami Ke Orangtua Dan Istri...

“Besok kita akan sampaikan kepada publik, sabar sedikit, kan harus ditata, harus benar dan transparan yang disampaikan ke publik,” katanya lagi.

Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto yang ada di sebelah Yaqut, juga memilih irit bicara. “Besok saja, akan diumumkan. Sabar ya,” jawab Yandri.

Baca juga : Soal Ibadah Haji 2021, Perlu Diplomasi Khusus Dengan Pemerintah Saudi

Sementara itu, di tengah ketidakpastian ini, muncul desakan agar Jokowi segera melobi langsung Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz. Mengingat selama ini, Jokowi dikenal punya kedekatan dengan Raja Saudi maupun putra Mahkota, Mohamed bin Salman.

Permohonan pertama datang dari Direktur Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Ali Basuki Rochmad. Dia berharap, Jokowi bisa meningkatkan intensitas lobi dengan Kerajaan Arab Saudi untuk membuka pintu bagi jemaah haji Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.