Dark/Light Mode

Melihat Lebih Dekat Kiprah Petugas Pemeriksa Jalur Kereta Api

Rabu, 9 Juni 2021 15:21 WIB
Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) tengah mengecek kondisi rel kereta. (Dok. KAI)
Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) tengah mengecek kondisi rel kereta. (Dok. KAI)

 Sebelumnya 
Hardiana, salah seorang Petugas Pemeriksa Jalur di Daop 2 Bandung, UPT Resor Jalan Rel 2.10 Cibatu mengungkapkan, Daerah Operasi 2 Bandung memiliki jalur-jalur kereta api cukup unik karena membelah pegunungan dan menghubungkan jurang-jurang, serta memiliki medan cukup ekstrim.

Setiap bertugas, Hardiana harus melewati hutan dan semak belukar. Tak jarang ia bertemu hewan liar, apabila tidak hati-hati hal itu tentu akan mengancam nyawanya. 

Baca juga : Melihat Lebih Dekat Alutsista Indonesia

Pada musim penghujan pekerjaanya akan jauh lebih sulit. Risiko tanah longsor dan kondisi jembatan yang licin menuntutnya untuk bekerja jauh lebih hati-hati. 

Ia harus melakukan pengecekan jembatan dengan tinggi ratusan meter secara detail baik siang bahkan di tengah kegelapan malam.

Baca juga : KAI Larang Masyarakat Ngabuburit Di Jalur Kereta Api

Saat kebanyakan orang sedang tidur pulas, Hardiana justru tengah berjalan sendiri di kegelapan dan dinginnya malam untuk mengecek jalur kereta.

Saat panas terik dimana kebanyakan orang dapat berteduh dalam ruangan sejuk, Hardiana harus tetap berjalan kaki mengecek rel yang menjadi tugasnya. 

Baca juga : Petugas Kudu Pelototi Semua Jalur Tikus...

Pada kondisi penghujan, risiko tergelincir dan jatuh mungkin saja terjadi. Oleh karena itu ia harus ekstra berhati-hati dalam bekerja. Semuanya dilaksanakan dengan dedikasi tanpa keluh kesah karena itulah yang menjadi tanggung jawabnya.

Keselamatan perjalanan KA dan keluarga yang menunggu kehadirannya di rumah menjadi pemacu yang membuat Hardiana selalu bermotivasi tinggi dalam mengerjakan tugasnya yang penuh tantangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.