Dark/Light Mode

Polri Lebih Wangi Dari KPK

Ini Hasil Survei, Bukan Hasil Karang-karangan

Rabu, 23 Juni 2021 07:25 WIB
Sejumlah aparat kepolisian berjaga di area Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. (Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha)
Sejumlah aparat kepolisian berjaga di area Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. (Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri makin hari makin baik. Dalam sebuah survei yang digelar Cyrus Network, Korps Baju Coklat itu, lebih wangi dari KPK. Ini hasil survei lho, bukan hasil karang-karangan.

Survei Cyrus Network ini dilakukan 28 Mei sampai 1 Juni 2021. Respondennya 1.230 orang yang tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan (significant level) pada survei ini 95% dengan margin of error sebesar +/-2,85%.

Berdasarkan survei tersebut, Polri yang kini dipimpin Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menempati urutan pertama dalam tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penegak hukum. Berbanding terbalik dengan kepercayaan masyarakat terhadap KPK. Lembaga yang dipimpin Komjen Firli Bahuri itu, berada di posisi paling buncit di banding lembaga penegak hukum lainnya.

Baca juga : Sambangi Fraksi Di DPR RI, DPRP Harap Revisi Otsus Bisa Jawab Aspirasi Masyarakat Papua

“Polri mendapat penilaian sebesar 86,2 persen dalam tingkat kepercayaan publik. Angka ini naik meningkat dibandingkan dengan survei kami sebelumnya yang menunjukkan di angka 62,5%,” kata Direktur Riset Cyrus Network, Fadhli MR dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, kemarin.

Di posisi kedua, ada Mahmakah Agung yang mendapat poin 85,9 persen dalam tingkat kepercayaan publik. Di posisi ketiga, ditempati Kejaksaan Agung dengan penilaian 82,2 persen. “KPK berada di urutan terakhir dengan memperoleh 80,7 persen,” jelasnya.

Kenapa Polri lebih wangi ketimbang KPK? Fadhli menduga, turunnya kepercayaan publik terhadap KPK terkait polemik yang terjadi di internal lembaga tersebut. “Mungkin karena dipengaruhi ramainya isu seputar KPK belakangan ini,” ujar Fadhli.

Baca juga : Kolaborasi Bodypack Dan Arkiv Vilmansa Luncurkan Tas Edisi Kartun

Dalam survei itu juga terungkap harapan besar masyarakat terhadap Polri. Di antaranya, 27,1 persen masyarakat berharap Polri lebih mengayomi, cepat, tanggap, dan dekat dengan masyarakat. Kemudian 22 persen masyarakat berharap Polri bisa memperbaiki atau meningkatkan lagi pelayanan dan kinerja. Selain itu, 10,6 persen responden berharap Polri lebih memberikan keamanan di tengah masyarakat.

“Harapan tersebut bisa menjadi masukan penting bagi Polri agar ke depannya bisa semakin dicintai oleh masyarakat,” ujar Fadhli.

Anggota Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan berharap, hasil survei Cyrus Network ini jadi perhatian besar bagi Firli cs. Penguatan lembaga anti rasuah pasca revisi Undang-Undang KPK, harus benar-benar terlihat hasilnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.