Dark/Light Mode

Buntut Nonton "Ikatan Cinta"

Mahfud Dicolek Kawan

Sabtu, 17 Juli 2021 07:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

 Sebelumnya 
Wasekjen Demokrat Irwan Fecho ikut melayangkan kritik. Kata dia, menonton sinetron memang mampu menaikkan imun tubuh Mahfud. Tapi, bisa membuat empati drop. "Prof Mahfud harusnya punya ikatan rasa dan cinta dengan apa yang diderita rakyat saat ini di tengah pembatasan berkehidupan," ujar anggota Komisi V DPR itu. 

Ekonom senior Indef Faisal Basri mengkritik lebih pedas. Faisal memang tidak menunjuk hidung Mahfud secara langsung. Namun, dia ngomel dengan pejabat yang sibuk menonton film di masa PPKM Darurat adalah potret kondisi negara sedang sakit.

Baca juga : Banyak Ditonton, Sinetron Ikatan Cinta Sabet Penghargaan Menko Airlangga

"Kerja di rumah dimanfaatkan bukan untuk kontemplasi, tapi nonton serial film dan diakui secara publik. Jadi, kekuasaan ini sedang sakit," kata Faisal, dalam webinar bertajuk PPKM Darurat, Ekonomi Melambat, kemarin. 

Eks Wakil Ketua DPR yang kini jadi Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah ikut menyinggung gaya Mahfud yang masih melontarkan kritik meski sudah jadi menteri. "Saran ke Prof @mohmahfudmd, kalau punya power, jangan nyindir kayak seniman. Eksekusi aja sampai tuntas! Minta aparat agar jangan ramah kepada pejabat tapi galak kepada rakyat. Begitu Pak Penko,” ujar Fahri. 

Baca juga : Masyumi Colek Partai Idaman

Influencer Denny Siregar, yang dikenal sebagai pendukung keras Jokowi, ikut menyindir Mahfud. “Empati sekarang sedang terbang ke bulan,” ujarnya di akun @Dennysiregar7, sambil membagikan unggahan Mahfud. 

Warganet juga ikutan gemes campur kesal melihat yang dilakukan Mahfud. Akun @hattorikudo membagikan gambar tangkapan layar yang membandingkan cuitan Mahfud MD dengan Faheem Younus MD. Faheem adalah dokter asal Amerika Serikat yang mempunyai perhatian terhadap penanganan pandemi di Indonesia lewat berbagai kicauannya di akun @FaheemYounus. Cuitan terbarunya, Faheem menyerukan warga untuk ikut vaksin. "Benar-benar beda kelas," ujar @hottarikudo

Baca juga : Posko Penyekatan Suramadu Diperketat

Meski begitu, ada juga yang mendukung Magfud. Menurut mereka, yang disampaikan Mahfud biasa dan wajar saja. Akun @aini_atifha heran kenapa banyak orang yang ngegas sama Mahfud gara-gara ngomongin sinetron. Menurut dia, Mahfud bukan mau menunjukkan sikap santai saat pandemi, tapi lebih kepada berbagai mengenai pengetahuan hukum dengan cara santai lewat sinetron.

Senada diungkap @theBrandols. Kata dia, yang disampaikan Mahfud adalah materi hukum. Kuliah gratis. Mahfud lagi contoh dari kasus di sinetron yang tengah naik daun. "Gitu doang nggak paham," ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.