Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hidup Berdampingan Dengan Covid-19

Kuncinya Cuma Satu, Ikhlas...

Kamis, 12 Agustus 2021 05:05 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Damar Medcom).
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Damar Medcom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia bersiap hidup berdampingan dengan Covid-19. Beberapa strategi tengah disiapkan pemerintah. Baik dari sektor ekonomi maupun kesehatan.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, pandemi Covid-19 belum akan berakhir dalam waktu dekat. Kata dia, virus Corona berpotensi akan hidup bersamaan.

“Covid-19 ini berpeluang akan hidup bersamaan dengan kita dalam waktu yang tidak sebentar,” ujar Wiku dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga : Tes PCR Rem Persebaran Virus Corona Antar Pulau

Dia mengungkapkan, saat ini bukan hanya Indonesia yang tengah menyiapkan strategi jangka panjang menghadapi dan hidup berdampingan dengan Covid-19. Negara-negara lain juga melakukan hal sama.

“Organisasi seperti World Bank dan WHO (World Health Organization) juga menyiapkan panduan sisi kesehatan dan ekonomi. Pemerintah akan memantau kondisi demi mengambil kebijakan tepat, baik kesehatan maupun pemulihan ekonomi,” jelas Wiku.

Sebelumnya, Kasubbid Tracing Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Koesmedi Priharto mengatakan, masyarakat harus dapat mempersiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan virus Corona. Sampai saat ini, tidak ada yang bisa memprediksi kapan Covid-19 akan berakhir.

Baca juga : Rayakan HUT Kemerdekaan Mendingan Secara Virtual Saja

Priharto mengatakan, masyarakat perlu membangun kehidupan normal baru yang dapat memutus penularan virus untuk dapat hidup berdampingan dengan Covid-19. Sebab, virus itu menular antarmanusia.

“Ketika perilaku kita tidak bisa mencegah cara penularannya, maka angka kasusnya akan naik. Itu harus dipahami oleh masyarakat. Jangan semua diserahkan kepada pemerintah,” kata Priharto.

Menurutnya, pemerintah sudah berupaya maksimal menangani pandemi Covid-19. Maka, masyarakat pun harus bekerja sama dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Baca juga : Pemerintah Kudu Gerak Cepat

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah tengah menyusun peta jalan (roadmap) yang mengatur aktivitas masyarakat agar bisa berdampingan dengan Covid-19.

“Pemerintah ingin aktivitas masyarakat dan ekonomi tetap bisa berjalan dengan kondisi yang lebih aman,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.