Dark/Light Mode

Mural Di Jalanan Dihapusin

Presiden Tidak Senang

Jumat, 20 Agustus 2021 07:45 WIB
Mural yang menggambarkan wajah mirip Jokowi dengan tulisan ‘404: Not Found’ terpampang di dinding. (Foto: Istimewa)
Mural yang menggambarkan wajah mirip Jokowi dengan tulisan ‘404: Not Found’ terpampang di dinding. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain menghapus mural-mural tersebut, Polisi juga mencari pelakunya. Penghapusan mural-mural itu pun menimbulkan banyak kritikan. Menurut para pengkritik, mural adalah bentuk ekspresi dan kreativitas.

Masalah mural ini ternyata menjadi perhatian Jokowi juga. Jokowi rupanya tak senang dengan sikap aparat penegak hukum yang main hapus mural-mural tersebut.

Baca juga : Kepala Dan Ekor Tidak Kompak

Hal tersebut diungkapkan Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, kemarin. Menurut dia, Jokowi tidak senang apabila polisi agresif terhadap mural-mural yang lagi ramai.

“Bapak Presiden tidak berkenan bila kita responsif terhadap hal-hal seperti itu,” ujar Agus, kemarin.

Baca juga : 52 Juta Data Ganda Penerima Bansos Dihapus, Uang Negara Rp 10,5 T Selamat

Menurut dia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang selalu mengingatkan jajarannya untuk bersikap hati-hati, terutama dalam penerapan Undang-Undang ITE. Menurut Agus, bosnya itu selalu menekankan jajaran kewilayahannya agar tidak menindak hal-hal seperti itu.

Apabila ada polisi yang memberi tindakan tersebut, ia meminta untuk mengadu ke Bareskrim Polri. “Arahan Kapolri, Kabareskrim, Dirtipidsiber kepada jajaran selalu kita ingatkan. Termasuk ini kan juga menjadi sarana itu. Komplain saja kalau masih dilakukan,” ujarnya.

Baca juga : Harga Tes PCR dan Antigen Dievaluasi Dong Tiap Bulan, Supaya Terjangkau

Kendati demikian, jangan sampai sikap kritis bertujuan untuk memecah belah bangsa. Karena ini jadi masalah. Kalau kritik terhadap pemerintah, sah-sah saja.

“Kritis terhadap pemerintah, saya rasa enggak ada persoalan. Namun kalau fitnah, memecah belah persatuan dan kesatuan, intoleran, ya pasti kita tangani,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.