Dark/Light Mode

Proyek Infrastruktur Tak Terpapar Covid

Selasa, 24 Agustus 2021 07:35 WIB
Didampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Presiden Jokowi meresmikan enam ruas tol dalam kota atau tol layang dalam kota Jakarta segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer, di Gerbang Tol Cakung, Jakarta, Senin (23//8/2021). (Foto: Biro Pers)
Didampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Presiden Jokowi meresmikan enam ruas tol dalam kota atau tol layang dalam kota Jakarta segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer, di Gerbang Tol Cakung, Jakarta, Senin (23//8/2021). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Bukan hanya di kota-kota besar, Jokowi meminta, pembiayaan semacam ini diterapkan di seluruh pelosok Tanah Air.

“Sehingga akan mampu mengatasi ketimpangan antardaerah, antarprovinsi dalam pembangunan infrastruktur. Dan kita harapkan akan mempercepat konektivitas nasional kita,” pesannya.

Baca juga : PT PII Dukung Percepatan Infrastruktur Logistik Di Jawa Barat

Setelah 6 ruas tol di Ibu Kota diresmikan, rencananya, hari ini (24/8) Jokowi akan segera meresmikan tol pertama di Kalimantan. Hal ini menyusul telah rampungnya konstruksi Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) masing-masing sepanjang 22,3 kilometer dan 11,9 kilometer.

Jalan tol ini merupakan jalan bebas hambatan berbayar pertama di Kalimantan yang terbagi menjadi lima seksi. Tiga seksi sebelumnya telah beroperasi sejak tahun 2019. Ketiga seksi tersebut adalah Seksi 2 Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer, Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,30 kilometer, dan Seksi IV Palaran-Samarinda sepanjang 16,59 kilometer. Dengan tuntasnya seluruh konstruksi tol tersebut, Tol Balikpapan-Samarinda dapat beroperasi secara keseluruhan.

Baca juga : Presiden Instruksikan Polri Tak Reaktif Soal Mural 404: Not Found

Di tempat terpisah, Direktur Pengembangan Jasa Kontruksi Kementerian PUPR, Putut Marhayudi mencatat, 382 paket pekerjaan dengan pagu anggaran Rp 11,1 triliun di DKI Jakarta tetap berjalan saat pandemi Covid-19. “Semua paket berjalan karena ada amanat Instruksi Mendagri bahwa kegiatan konstruksi merupakan kritikal yang dapat beroperasi 100 persen,” kata Putut, dalam diskusi soal konstruksi saat pandemi di Jakarta, kemarin.

Adapun kategori paket pekerjaan itu: pekerjaan konstruksi, jasa konsultasi dan jasa lainnya dan barang. Sedangkan sektor paket pekerjaan beragam mulai dari sumber daya air, bina marga, cipta karya hingga perumahan. Penanganan rumah sakit darurat Covid-19 juga dilakukan melalui 5 rumah sakit di Jakarta dari total 33 rumah sakit di beberapa kota di Indonesia. Ke-33 rumah sakit itu menambah kapasitas sebanyak 2.811 tempat tidur rumah sakit dan 5.989 tempat tidur di ruang isolasi.

Baca juga : Pedasnya Tidak Terasa Lagi

Harapan pemerintah, dengan belanja sebesar itu, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.